Ini Pesan Camat Agus Saat Hadiri Sosialisasi Germas di Puskesmas Gedungsurian

Ini Pesan Camat Agus Saat Hadiri Sosialisasi Germas di Puskesmas Gedungsurian

--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Sosialisasi gerakan masyarakat hidup sehat (germas) berupa pelatihan serta pemeriksaan kebugaran kader germas, oleh Tenaga Kesehatan (Nakes) Puskesmas Gedungsurian, Kabupaten Lampung Barat, Dihadiri Camat M Agus Setiawan, S.E. 

Kegiatan dilaksanakan di aula puskesmas yang dipimpin Kepala Puskesmas Asminudin, S.Kep, Ners., dengan pemateri Tim kesehatan, puskesmas seperti dr lmam Turmudi beserta tim dokter intensif dan ahli gizi. 

M. Agus Setiawan menyebutkan, sosialisasi germas akan berimbas pada tingkat kesehatan hidup masyarakat yang meningkat. Seperti tidak adanya lagi kasus stunting.

"Melalui germas ini diharapkan kesehatan anak-anak semakin baik, cerdas untuk menghadapi tahun emas dan masyarakat sudah melaksanakan pola hidup sehat," harapannya. 

BACA JUGA:Akses Jalan Pertanian Menjadi Prioritas Desa Gedung Agung di Tahun 2023

Sementara dikatakan Kepala Puskesmas Asminudin, S.Kep, Ners sosialisasi germas berupa pelatihan bagi kader-kader posyandu dan ibu penggerak PKK, tingkat pekon pesertanya kader 55 orang, sekaligus pemeriksaan kebugaran kader germas.

Selain itu dilaksanakan sosialisasi germas ini, akan meningkatkan derajat hidup sehat, hidup masyarakat menjadi meningkat Seperti dapat mengurangi gejala penyakit yang tidak menular seperti stroke, hipertensi (darah tinggi) dan jantung koroner.

Lanjutnya melalui germas agar tidak adanya lagi kasus-kasus stunting nantinya. Sesuai dengan arahan Bupati Lampung Barat. Hi.Parosil Mabsus di dalam Pitu Program unggulan di poin yang ke 4 dimana pemberi pelayanan kesehatan masyarakat.

Asminudin juga tegaskan germas yakni penerapan Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat (PHBS) di semua bidang kegiatan-kegiatan di puskesmas baik di dalam gedung maupun di luar gedung pada posyandu lansia, posyandu remaja, serta posyandu pada balita dalam pengenalan dini Terhadap ibu-ibu posyandu, agar diterapkan bersama-sama dengan leading sektor (lintas sektor) Pratin bersama dengan kader-kader yang ada di masing-masing pekonnya.

BACA JUGA:Peringatan Hari Jadi Pekon Trimulyo Ke 38 Bakal Dihadiri Bupati

"Melalui germas ini diharapkan kesehatan anak-anak semakin baik, cerdas untuk menghadapi tahun emas dan masyarakat sudah melaksanakan pola hidup sehat," harapannya. (rin/mlo)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: