Cara Melakukan Potong Kuku Menurut Ustadz Adi Hidayat

Cara Melakukan Potong Kuku Menurut Ustadz Adi Hidayat

--

MEDIALAMPUNG.CO.ID - Bagian dari salah satu sunnah dalam kehidupan sehari-sehari adalah memotong kuku.

Ustadz Adi Hidayat menjelaskan, terdapat cara yang telah dicontohkan Rasulullah SAW untuk memotong kuku. 

Menurutnya, memotong kuku merupakan bagian dari kebersihan yang menjadi fitrah manusia. Islam secara rinci mengatur terkait hal potong kuku ini.

Dalam kitab karya Imam An Nawawi, beliau mengajarkan kepada umat Muslim agar memotong kuku di hari Jum'at seperti yang dilakukan Rasulullah SAW sehingga hal ini dikategorikan sebagai sunnah.

BACA JUGA:Amalan Mendapat Rezeki Tak Terduga, Ini Kata Ustadz Adi Hidayat dan Dibaca saat Sholat Dhuha

Saat memotong kuku seorang Muslim harus memulai dari jari telunjuk tangan kanan.

“Dari 10 jari ini yang tangannya melekat pada tangan ataupun nanti yang ada di kaki kita memulai dengan yang telunjuk terlebih dahulu," ucap UAH.

Sebelum memotong kuku dianjurkan membaca Bismillah agar menjadikan kegiatan bernilai ibadah. Setelah itu, di siapkan wadah agar kuku tidak berserakan atau berantakan.

Setelah memotong kuku telunjuk tangan kanan, UAH menganjurkan memotong kuku kelingking kanan, lalu jari manis, tengah dan terakhir jempol.

BACA JUGA:Ustadz Adi Hidayat : Begini Cara Menghilangkan Rasa Was-Was saat Sholat

Saat memotong kuku tangan kiri disunnahkan memulai dari kelingking, jari manis, tengah, telunjuk dan jempol. Urutan tersebut juga dapat digunakan jika ingin memotong kuku kaki. 

Potongan kuku disimpan dalam wadah yang sudah disiapkan, kemudian potongan kuku dikubur atau dibuang sehingga tidak berserakan.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: