Mantap! Pj Bupati Lampung Barat akan Terima Penghargaan dari Mendikbudristek

Mantap! Pj Bupati Lampung Barat akan Terima Penghargaan dari Mendikbudristek

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Lampung Barat Bulki Basri, S.Pd, M.M--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Penjabat (Pj) Bupati Lampung Barat Drs. Nukman, MM akan menerima penghargaan Revitalisasi Bahasa Daerah dari Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbudristek).

Penghargaan tersebut akan diserahkan langsung oleh Mendikbudristek kepada Pj Bupati Nukman pada acara pembukaan Peringatan Hari Bahasa Ibu tahun 2024, Festival Tunas Bahasa Ibu Nasional dan Rapat Koordinasi Penguatan RBD antara Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah yang akan diselenggarakan di Hotel Sultan, Jalan Gatot Subroto, Jakarta, Kamis 2 Mei 2024.

“Di Indonesia hanya ada 20 kepala daerah yang akan menerima penghargaan dari Mendikbudristek, salah satunya adalah bapak bupati Lampung Barat. Bahkan, untuk Provinsi Lampung, hanya Lampung Barat yang akan mendapatkan penghargaan,” ujar Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Bulki, S.Pd, M.M, Senin 29 April 2024.

Menurut dia, penghargaan tersebut diberikan sebagai bentuk pengakuan dan apresiasi kepada kepala daerah yang telah memberikan dukungan, kerjasama dan kontribusi terkait kepedulian terhadap revitalisasi bahasa daerah. 

BACA JUGA:Dukung Timnas U-23, Ketua KONI Lampung Barat Gelar Nobar Semifinal Piala Asia

Kata dia, sebelumnya pemerintah daerah telah mengusulkan kepada Mendikbudristek untuk mendapatkan penghargaan revitalisasi daerah. 

Dalam usulan tersebut, kata dia, dijelaskan bahwa Bahasa Lampung adalah bahasa yang dituturkan oleh ulun lappung ‘orang Lampung’. 

Berdasarkan peta bahasa, bahasa Lampung memiliki dua dialek besar yaitu dialek A dan dialek O. 

Pemakaian Bahasa Lampung dialek A dituturkan sebagian besar oleh suku Lampung ataupun masyarakat Kabupaten Lampung Barat yang tersebar di 15 Kecamatan. 

BACA JUGA:Partai Demokrat Lampung Barat Buka Penjaringan Bakal Calon Bupati dan Wakil Bupati

Sejak program Merdeka Belajar Episode 17: Revitalisasi Bahasa Daerah diluncurkan, Kabupaten Lampung Barat yang dipercaya sebagai nenek moyang suku Lampung, dengan penutur Bahasa Lampung dialek A menjadi salah satu daerah yang antusias dalam menyambut program Revitalisasi Bahasa Daerah. 

Sejak tahun 2023, sebanyak 17 (Guru SD dan SMP) telah mengikuti Bimbingan Teknis Guru Utama Revitalisasi Bahasa Daerah dan telah melakukan pengimbasan kepada seluruh satuan pendidikan tingkat SD dan SMP yang tersebar di 15 kecamatan. 

Setelah dari kegiatan Pengimbasan RBD di 15 Kecamatan, dengan dukungan penuh Pemerintah Daerah, dilaksanakan perlombaan RBD dari tingkat kecamatan sampai ke tingkat Provinsi Lampung dan meraih Juara Umum dengan perolehan 9 juara.

Pada tahun 2024 ini, lanjut Bulki, 2 orang Guru Utama RBD 2023 utusan Kabupaten Lampung Barat yang telah mengikuti Bimtek Penyusunan Model Pembelajaran akan turut menjadi Narasumber bagi Bimtek Guru Utama RBD Tahun 2024 yang akan diselenggarakan pada tanggal 28 s.d 30 April 2024 dengan kuota Lampung Barat sebanyak 17 orang guru. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: