Jaga Kebugaran, Lansia di Pekon Trimulyo Ikuti Posyandu

Jaga Kebugaran, Lansia di Pekon Trimulyo Ikuti Posyandu

--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Puluhan warga Lanjut Usia (Lansia), Pekon Trimulyo, Kecamatan Gedung Surian, Kabupaten Lampung Barat (Lambar) diberikan posyandu oleh tim medis pekon setempat bersama kader dibantu petugas puskesmas, Selasa (7/3). 

Kegiatan Posyandu lansia tersebut memang menjadi agenda rutin yang dilaksanakan setiap satu bulan sekali, di mana para lansia mengikuti Senam Kesehatan jasmani selain itu juga diberikan pemeriksaan seperti tekanan darah, gula darah, kolesterol dan asam urat, atau Penyakit Tidak Menular (PTM).

BACA JUGA:Pemprov Lampung Apel Gelar Pasukan Pengamanan Sambut Ibu Negara Besok

BACA JUGA:PMI Lambar Bentuk Timsus Kajian untuk Pendirian Unit Donor Darah

Dikemukakan  Kasi pemberdayaan, Muhamad Pauzi, mendampingi Peratin Buchori, S.P., dalam Posyandu lansia tersebut selain melaksanakan rutinitas seperti senam dan pemeriksaan penyakit tidak menular pihak medis juga memberikan arahan-arahan terkait dengan upaya menjaga kesehatan untuk para lansia seperti halnya dalam menjaga pola makan hingga upaya lainnya yakni penerapan, perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS). 

Lanjut Fauzi, meskipun peserta posyandu semuanya lansia Namun, ketika ada jadwal pelaksanaan posyandu warga secara sendiri-sendiri datang ke balai pekon hal itu karena kegiatan posyandu tersebut merupakan agenda rutin yang mudah dilaksanakan cukup lama atau telah menahun.

BACA JUGA:Peduli Korban Kebakaran, MWCNU Balik Bukit Salurkan Bantuan

BACA JUGA:Bansos PKH Tahap I di Pesbar Diperkirakan Cair Pertengahan Maret 2023

Sementara ditambahkan Pendamping Lokal Desa  Asep Arianto, SP., yang turut hadir memantau kegiatan tersebut mengajak masyarakat untuk dapat memanfaatkan momentum seperti Posyandu yang intens dilaksanakan setiap bulan tersebut melalui upaya itu maka para lansia dapat mengontrol kesehatan dan ketika mengalami sakit dapat langsung diberikan penanganan oleh petugas terkaitkan maupun nakes puskesmas.

"Dengan menjadi peserta posyandu seperti ini warga dapat berkoordinasi ketika mengalami sakit dan pihak medis juga bisa langsung melakukan penanganan sebagaimana mestinya. Karena itu harapan kita agar prosedur lansia ini terus ditingkatkan bahkan diharapkan peserta bisa ikut semua untuk warga yang di kategori lansia," tandasnya.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: