PMI Lambar Bentuk Timsus Kajian untuk Pendirian Unit Donor Darah

PMI Lambar Bentuk Timsus Kajian untuk Pendirian Unit Donor Darah

--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Lampung Barat Edi Novia, S.Kom., memimpin langsung Rapat Kerja (Raker) PMI untuk yang pertama di tahun 2023  bertempat di Markas PMI di Lingkungan Sukajadi, Kelurahan Way Mengaku, Kecamatan Balik Bukit, Senin malam (6/3/2023). 

Beberapa hal lainnya yang menjadi pembahasan pada Raker tersebut diantaranya penyampaian hasil hasil Musyawarah Kerja PMI Provinsi Lampung (Mukerprov) ke IX tahun 2023 yang dilaksanakan pada tanggal 13-14 Februari 2023 di Hotel Emersia Bandar Lampung.

"Alhamdulillah pada Mukerprov PMI bulan kemarin saya telah menyampaikan program program kerja PMI Kabupaten Lampung Barat dan saya melihat program kerja nya PMI Lambar cukup lebih aktif jika kita bandingkan dengan beberapa kab/kota lainnya, untuk itu saya pada Raker ini menyampaikan ucapan terimakasih kepada segenap pengurus," ungkap Edi Novial.

BACA JUGA:Peduli Korban Kebakaran, MWCNU Balik Bukit Salurkan Bantuan

Terus ya, Relawan dan pihak pihak lainnya yang telah bersinergi dengan baik bersama PMI LB untuk hadirkan program program yang bermanfaat bagi masyarakat Lambar dan untukmu juga perkembangan organisasi. 

Lanjutnya, PMI Provinsi Lampung telah menandatangani Perjanjian Kerja Sama dengan Dewan Pengurus Wilayah Persatuan Perawat  Nasional Indonesia (PPNI) Lampung tentang Sinergisitas Kegiatan Sosial Kemanusian . 

"Kita PMI Kabupaten Lampung Barat akan segera melakukan rapat bersama dengan PPNI Lampung Barat terkait MoU ini," ujarnya.

BACA JUGA:Bansos PKH Tahap I di Pesbar Diperkirakan Cair Pertengahan Maret 2023

Hal ini, kata dia, guna mengkoordinasikan ruang lingkup yang tertuang di MoU tersebut seperti  penanggulangan bencana, pelayanan sosial dan kesehatan, donor darah, pendidikan dan pelatihan, tenaga sukarela, penelitian, penggalangan donasi dan kegiatan sosial kemasyarakatan lainnya.

Sementara itu terkait akan berdirinya Unit Donor Darah (UDD) di bawah PMI Lambar saat ini PMI Lambar telah membuat Tim Khusus. 

"Ya tim khusus ini yang akan bekerja untuk melakukan penilaian terkait cita-cita PMI Lambar akan mendirikan UDD, segera saya tandatangani dan saya minta tim bekerja selama dua minggu untuk mempelajari berdirinya UDD, seperti tentang bangunan tempat UDD ini, penyelenggaraan pelayanannya, kemampuan pelayanannya, dan lain lain," jelas Edi Novial.

BACA JUGA:Super Lengkap ! Bank Mandiri Sematkan Fitur Pemesanan SBN Ritel di Livin’ by Mandiri

Menurutnya, UDD ini dipandang sudah sangat di butuhkan karena kebutuhan akan donor darah ini sangat tinggi, keberadaan UDD ini akan sangat membantu keluarga pasien yang membutuhkan donor darah, apakah pasien yang mengalami pendarahan, cuci darah dan sebagainya.

"Dimana satu pasien ada yang sampai membutuhkan  3 sampai dengan 7 kantong darah, saya rasa UDD PMI Lambar ini akan jadi salah satu solusi akan hal itu," pungkasnya.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: