Sukses Implan Otak, Neuralink Siap Lakukan Implan Mata

Sukses Implan Otak, Neuralink Siap Lakukan Implan Mata

ILUSTRASI: Elon Musk umumkan rencana implan mata Neuralink yang bisa pulihkan penglihatan pasien buta-ideogram.ai@onebuddy-

MEDIALAMPUNG.CO.ID - Perusahaan bioteknologi milik Elon Musk, Neuralink, kembali membuat gebrakan besar. 

Kali ini, mereka mengumumkan rencana untuk mengembangkan perangkat implan yang dapat memulihkan penglihatan pada mereka yang kehilangan fungsi mata atau saraf optiknya. 

Inovasi ini diharapkan bisa menjadi solusi revolusioner bagi pasien yang selama ini tidak memiliki harapan untuk bisa melihat kembali.

Perangkat ini diberi nama Blindsight, dan telah mendapatkan status "perangkat terobosan" dari Food and Drug Administration (FDA) Amerika Serikat. 

BACA JUGA:Diduga Korupsi Dana Desa Rp500 Juta, Mantan Pj Kepala Pekon di Tanggamus Ditahan

Label ini diberikan kepada teknologi medis yang dianggap memiliki potensi besar dalam merawat atau mendiagnosis kondisi kesehatan yang mengancam jiwa, sehingga mempercepat proses pengembangan dan peninjauan oleh pihak berwenang. 

Dengan status ini, Neuralink diharapkan bisa segera mempercepat uji klinis dan pengembangannya.

"Perangkat Blindsight ini akan memungkinkan orang yang kehilangan kedua mata dan saraf optiknya untuk bisa melihat kembali," tulis Elon Musk melalui akun X pribadinya.

Meskipun demikian, detail lebih lanjut mengenai kapan uji coba implan mata pada manusia akan dimulai masih belum dipublikasikan. 

BACA JUGA:Bawa Sabu, Dua Warga Bumi Waras Ditangkap Polsek Tanjung Senang

Neuralink dan FDA juga belum memberikan pernyataan resmi mengenai perkembangan terbaru ini. 

Namun, diketahui bahwa Neuralink telah mengantongi izin untuk melakukan uji coba perangkat chip pada manusia sejak September 2023.

Tahun ini, Neuralink telah berhasil menanamkan chip pada otak pasien pertama. 

Hanya dalam waktu sebulan setelah operasi, pasien tersebut telah menunjukkan kemajuan signifikan, di mana ia bisa menggerakkan mouse komputer hanya dengan menggunakan pikirannya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: