Masyarakat Gedau, Kabupaten Pesisir Barat Berharap Ada Perbaikan Jaringan Irigasi

Masyarakat Gedau, Kabupaten Pesisir Barat Berharap Ada Perbaikan Jaringan Irigasi

Irigasi rusak di Pekon Gedau, Kecamatan Pesisir Utara Kabupaten Pesisir Barat --

MEDIALAMPUNG.CO.ID – Sejumlah areal persawahan warga di Pekon Gedau, Kecamatan Pesisir Utara hingga kini tidak bisa di garap oleh masyarakat setempat. 

Pasalnya jaringan irigasi yang biasa dimanfaatkan mengalami kerusakan menyebabkan pasokan air ke sawah berhenti total dan tidak ada perbaikan saluran irigasi yang dilakukan.

Peratin Gedau, Nursiwan mengatakan sekitar 10 hektar areal persawahan warga tidak bisa digarap karena saluran irigasi yang biasa dimanfaatkan untuk areal persawahan itu hancur akibat terjangan banjir bandang pada aliran Way Gedau dan Way Batu Raja.

“ Saluran irigasi yang berada di aliran Way Gedau hancur akibat terjangan banjir bandang pada akhir tahun 2022 lalu, kemudian pada tahun 2023 kerusakan irigasi juga terjadi akibat banjir bandang pada aliran Way Batu Raja,” ungkapnya.

BACA JUGA:Diklat Calon Pasukan Pengibar Bendera Pusaka Tingkat Provinsi Lampung Tahun 2024 Resmi Dibuka

BACA JUGA:Dari Kampus Berbeda, 3 Mahasiswa Asal Lambar Juara Lomba Debat Antar Kampus se-Indonesia

Dijelaskannya, akibat rusaknya saluran irigasi itu, selama dua tahun terakhir areal persawahan masyarakat tidak dapat digarap, bahkan sekarang kondisinya sudah menjadi semak belukar.

“ Posisi areal persawahan lebih tinggi dari aliran Way Gedau, jadi salah satu cara agar petani dapat menggarap lahan persawahan adalah dengan memanfaatkan saluran irigasi yang juga bersumber dari aliran sungai itu,” jelasnya.

Menurutnya, akibat banjir bandang tersebut, tidak hanya saluran irigasi yang megalami kerusakan, melainkan sejumlah petak sawah yang berada di pinggir aliran sungai itu sudah menghilang.

“ Sawah yang berada di pinggir aliran sungai itu sudah tidak ada lagi karena tergerus banjir bandang, bahkan saat ini aliran sungai sudah pindah dan bertambah lebar,” terangnya.

BACA JUGA:Kapolda Lampung Apresiasi Kinerja Polres Lampung Tengah Tekankan Persiapan Pilkada 2024

BACA JUGA:Lampung Barat Ikut Terdampak Getaran Gempa 5,3 SR di Pesisir Barat

Pihaknya berharap, Pemkab Pesbar dapat melakukan perbaikan pada saluran irigasi yang mengalami kerusakan itu, karena terdapat sejumlah titik saluran irigasi yang mengalami kerusakan.

“ Titik kerusakan yang paling parah berada dekat areal persawahan itu, ada ratusan meter saluran irigasi hilang terbawa air. Karena itu, kami berharap ada bantuan dari Pemkab Pesbar agar jaringan irigasi ini kembali berfungsi dan dimanfaatkan petani,” pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: