Lampung Barat Ikut Terdampak Getaran Gempa 5,3 SR di Pesisir Barat

Lampung Barat Ikut Terdampak Getaran Gempa 5,3 SR di Pesisir Barat

Ilustrasi Gempa Bumi-freepik.com-

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Getaran Gempa bumi berkekuatan 5,3 skala richter (SR) yang mengguncang wilayah Kabupaten Pesisir Barat pada Senin malam 5 Agustus 2024 sekitar pukul 19.44 Wib terasa kuat hingga ke Kabupaten Lampung Barat.

Berdasarkan hasil analisa Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Provinsi Lampung gempa bumi tektonik ini terletak pada koordinat 6.33 Lintang Selatan (LS) dan 103.57 Bujur Timur (BT) atau berlokasi 133 KM di Barat Daya Kabupaten Pesisir Barat pada kedalaman 10 km.

Meski terasa cukup kuat di Lampung Barat, namun hingga kini tidak ada laporan adanya dampak kerusakan dari bencana tersebut.

”Sejauh ini untuk wilayah Lampung Barat hanya terdampak getaran saja, tidak ditemukan adanya laporan kerusakan,”ujar Kepala BPBD Lambar Padang Priyo Utomo.

BACA JUGA:Pesisir Barat Diguncang Gempa Bumi Berkekuatan Magnitudo 5,3

BACA JUGA:Tim Gabungan Terus Dalami Kasus Mayat Dalam Karung di Lampung Timur, Hasil Autopsi Segera Keluar

Kendati demikian, Padang tetap menghimbau masyarakat agar selalu waspada, mengingat Lampung Barat merupakan daerah yang berada tepat di atas patahan gempa atau dikenal dengan istilah 'sesar semangko'

"Daerah kita merupakan daerah rawan bencana termasuk gempa bumi, jadi semua harus selalu waspada dan dari kami sosialisasi dan mitigasi juga sering dilakukan agar masyarakat dapat memahami langkah-langkah yang harus dilakukan apabila sewaktu-waktu terjadi gempa bumi atau bencana alam lainnya guna mengurangi risiko,” kata dia.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: