Catat! Ini Sejumlah Rangkaian Kegiatan KEN Festival Budaya Sekala Bekhak Ke-X di Lampung Barat

Catat! Ini Sejumlah Rangkaian Kegiatan KEN Festival Budaya Sekala Bekhak Ke-X di Lampung Barat

Nyambai menjadi salah satu seni budaya Lampung Barat yang akan diperlombakan pada event Festival Budaya Sekala Bekhak ke-X--

BACA JUGA:Calon Siswa yang Dekat Malah Tersingkir, Aleg Soroti Proses PPDB SMAN 1 Sumber Jaya

Dalam 2 tahun terakhir mencapai 26 pekon penyelenggara, patut kita apresiasi dan kita berikan ruang berekspresi dan berkreasi dalam festival budaya sekala bekhak, maka kita selenggarakan Karnaval Sekura Ngelimuk yang akan digelar seperti saat penyelenggaraan Pesta Budaya Sekura Cakak Buah di waktu hari raya.

Lanjut Dahlin, pemilihan Muli Mekhanai Kabupaten Lampung Barat, kegiatan ini diadakan oleh Ikatan Muli Mekhanai Lampung Barat bekerjasama dengan DEI Productions, adalah dalam rangka menghimpun serta mencari Muli Mekhanai terbaik dari para Muli Mekhanai Lampung Barat yang akan menjadi pendamping sektor pariwisata dalam hal promosi potensi pariwisata serta potensi lain di Kabupaten Lampung Barat. 

Lalu, Sekala Bekhak Bercelugam, celugam merupakan motif khas milik Kabupaten Lampung Barat, sudah terdaftar di HAKI sejak beberapa tahun silam, motif ini menjadi kebanggaan bersama.

Jika di Istana Negara kita tahu bahwa di beberapa tahun terakhir beberapa kali dilaksanakan ISTANA BERBATIK, dengan menampilkan para menteri sebagai peraga maka tahun ini di Festival Budaya Sekala Bekhak menampilkan para pejabat dengan memakai pakaian dengan kreatifitas design masing-masing menggunakan pakaian yang bermotif celugam sebagai bentuk kecintaan kita terhadap kain motif celugam milik kita bersama.

BACA JUGA:Festival Budaya Sekala Bekhak Ajang Pelestarian dan Promosi Budaya

"Dari semua rangkaian tersebut akan diumumkan pemenangnya dan akan diberikan apresiasi berupa trophy, uang pembinaan dan piagam penghargaan," ucapnya.

"Dalam kegiatan ini juga akan ada penampilan tamu dari Sanggar Imbun Pagi Banding Agung OKU Selatan dan Sanggar Sedulang Setudung dari Kabupaten Banyuasin Sumatera Selatan," sambungnya.

Dahlin menambahkan, Karisma Event Nusantara Festival Sekala Brak Ke-X Tahun 2024 tahun ini mengangkat tema “Sekura” The Mask of Nation, Seni Tradisi Masa Lalu, Masa Kini dan Masa Mendatang. 

Sekura merupakan kebudayaan yang sudah menyatu dengan jiwa masyarakat Sekala Bekhak, kebudayaan yang diwariskan sejak ratusan tahun silam dan masih lestari hingga saat ini. 

BACA JUGA:Sekolah Tanpa Toilet, Komisi III Janji Tinjau SDN 1 Bedudu

"Sekura menjadi Warisan Budaya Tak Benda yang ditetapkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan pada tahun 2015 lalu dan menjadi sebuah daya tarik yang luar biasa bagi para wisatawan. Saat ini Sekura sudah masuk menjadi event Nasional, mari kita jaga kelestarian budaya ini dan akan menjadi warisan kita kepada generasi yang akan datang," pungkas dia.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: