Catat! Ini Sejumlah Rangkaian Kegiatan KEN Festival Budaya Sekala Bekhak Ke-X di Lampung Barat

Catat! Ini Sejumlah Rangkaian Kegiatan KEN Festival Budaya Sekala Bekhak Ke-X di Lampung Barat

Nyambai menjadi salah satu seni budaya Lampung Barat yang akan diperlombakan pada event Festival Budaya Sekala Bekhak ke-X--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Karisma Event Nusantara (KEN) Festival Budaya Sekala Bekhak Ke-X diselenggarakan Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kabupaten Lampung Barat mulai Minggu-Selasa 21-23 Juli 2024.

Kepala Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Lampung Barat yang juga Ketua Panitia Kegiatan Drs. Dahlin, M.Pd mengungkapkan kegiatan Karisma Event Nusantara Festival Budaya Sekala Bekhak Ke-X Tahun 2024 telah digelar rangkaian kegiatannya dari tanggal 18 Juni yaitu dimulai dengan Gebyar UMKM dan Ekraf serta Wahana Permainan Anak-Anak.

Hari ini, Minggu 21 Juli 2024 akan dimulai rangkaian perlombaan seni budaya yang akan berakhir pada tanggal 23 Juli 2024 dengan beberapa rangkaian kegiatan, yaitu Festival dan Lomba Nyambai yang terbagi dalam 4 kategori.

Kategori Wilayah I meliputi (Balik Bukit, Sukau s.d. Lumbok Seminung) dan Kategori Wilayah II meliputi (Batu Brak, Belalau s.d. Sumber Jaya) serta Kategori OPD dan Kategori Pelajar. 

BACA JUGA:Soal Koalisi di Pilkada Pesisir Barat, Ini Kata Rahman Kholid   

"Kegiatan Lomba Nyambai ini akan digelar selama 2 hari," ungkap Dahlin, Minggu 21 Juli 2024.

Selanjutnya, Festival Orkes Gambus Lampung Barat yang akan digelar selama 2 malam. Coaching Clinic, sesuai dengan tema festival yaitu “Sekura The Mask of Nation, Seni Tradisi Masa Lalu, Masa Kini dan Masa Mendatang.

Coaching Clinic akan berfokus pada kerajinan Sekura (pembuatan topeng dan souvenir sekura) serta tentang Seni Pertunjukan Sekura (tari dan musik) yang diikuti oleh 30 orang pelaku seni di Kabupaten Lampung Barat.

Masih kata dia, Ngelemang Bebakhong, dalam rangka pelestarian serta memperkenalkan tradisi ngelemang di Bumi Sekala Bekhak, diadakan ngelemang Bebakhong yang akan dilombakan antar Pekon dalam wilayah Balik Bukit, Batu Brak, Sukau dan Belalau serta akan menjadi penganan pada saat malam harinya pada malam Penutupan Festival Budaya Sekala Bekhak Ke-X.

BACA JUGA:Pentingnya Pendidikan Pancasila

Selain itu, ada kegiatan Festival dan Lomba Butabuh Hadra. Hadra merupakan seni budaya bernafaskan Islam yang berkembang di Lampung Barat sudah puluhan tahun silam. 

Dalam rangka mengapresiasi para pelaku seni hadra, pada festival budaya sekala bekhak tahun ini akan kembali diadakan dan menjadi rangkaian utama dari festival.

"Festival dan Lomba Tari Sekura. Festival dan lomba tari sekura untuk pertama kalinya kita gelar di festival budaya sekala bekhak tahun ini, semoga dengan diadakannya lomba tari sekura akan membangkitkan kreativitas para seniman tari dan musik di Kabupaten Lampung Barat dan menghasilkan karya-karya besar yang menjadi kebanggaan kita bersama," ujar Dahlin.

Rangkaian kegiatan selanjutnya yaitu Karnaval Sekura Ngelimuk, Kebudayaan Sekura milik Bumi Sekala Bekhak yang sudah menjadi tradisi sejak puluhan tahun digelar di Pekon-Pekon saat Hari Raya Idul Fitri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: