Mentan Andi Amran dan Wakasal Erwin Bersama Pj. Gubernur Samsudin Panen Raya Padi dan Jagung

Mentan Andi Amran dan Wakasal Erwin Bersama Pj. Gubernur Samsudin Panen Raya Padi dan Jagung

Panen raya di pesawaran bersama mentan,Wakasal dan pj Gubernur Lampung Samsudin --

MEDIALAMPUNG.CO.ID - Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman dan Kepala Staf Angkatan Laut yang diwakili oleh Wakil Kepala Staf Angkatan Laut (Wakasal) Laksdya TNI Erwin S. Aldedharma bersama Pj. Gubernur Lampung Samsudin menghadiri Gebyar Panen Raya Padi dan Jagung di Pantai Caligi, Kabupaten Pesawaran, pada Rabu 10 Juli 2024.

Acara ini meliputi panen raya padi dan jagung serta penanaman bibit padi dan jagung.

Dalam kesempatan tersebut, juga diresmikan Masjid Al Hafizhan di Mako Lanal Lampung dengan pemotongan pita oleh Wakasal dan Mentan, didampingi Pj. Gubernur Samsudin, Ibu Ketua Jalasenastri, serta Ibu Pj. Ketua TP PKK Provinsi Lampung.

Selain panen raya, berbagai kegiatan digelar seperti penanaman padi simbolis, bakti sosial, dan bakti kesehatan yang meliputi pengobatan umum, pengobatan gigi, donor darah, khitanan massal, penyuluhan stunting anak, atraksi terjun payung, serta makan bergizi gratis yang diikuti oleh ratusan anak sekolah.

BACA JUGA:Pj Gubernur Samsudin Tinjau Infrastruktur Jalan dan Gedung di Kota Baru

Program Gebyar Panen Raya ini merupakan bagian dari program ketahanan pangan TNI AL untuk mengakselerasi dan mengatasi risiko kekurangan pangan di tengah krisis pangan dan energi global.

Dalam sambutannya, Mentan Amran menyatakan bahwa program akselerasi pangan TNI AL adalah langkah mitigasi risiko untuk mengantisipasi kekurangan pangan global saat ini.

 Ia berharap program ini dapat meningkatkan kolaborasi dalam ketahanan pangan bersama seluruh unsur terkait.

Wakasal menjelaskan bahwa kegiatan ini menunjukkan peran aktif TNI AL dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat pesisir dan mendukung ketahanan pangan nasional. 

BACA JUGA:Sekian Tahun Tak Dilirik Pemerintah, Warga Minta Jalan Penghubung Way Petai-Pagar Dewa Diperbaiki

Ia juga mengapresiasi dukungan dari Menteri Pertanian, Pj. Gubernur Lampung, Forkopimda, dan masyarakat sehingga acara berjalan lancar.

Pj. Gubernur Samsudin menyampaikan terima kasih atas dukungan TNI dan Menteri Pertanian dalam program peningkatan areal tanam dan produksi padi di Provinsi Lampung.

"Untuk itu saya atas nama Pemerintah Provinsi Lampung mengucapkan terimakasih dan penghargaan yang sebesar-besarnya kepada TNI dan Menteri Pertanian Bapak Andi Amran Sulaiman, yang telah memberikan perhatian besar kepada sektor pertanian di Provinsi Lampung ini, khususnya program dan bantuan Peningkatan Areal Tanam dan Peningkatan Produksi Padi," ujarnya.

Ia juga menjelaskan bahwa untuk mengatasi dampak El Nino, pemerintah daerah telah berkoordinasi dengan pemerintah pusat melalui program Penambahan Areal Tanam (PAT) yang didukung oleh Kementerian Pertanian.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: