Buka Musrenbang, Arinal Sampaikan Berbagai Capaian Pembangunan di Provinsi Lampung

Buka Musrenbang, Arinal Sampaikan Berbagai Capaian Pembangunan di Provinsi Lampung

--

10. Pembangunan Intake dan Ground Reservoir untuk SPAM Regional Way Sabu di Kabupaten Pesawaran dan Kota Bandar Lampung.

BACA JUGA:DPRD Lambar Gelar Paripurna HUT Provinsi Lampung Ke-59

Sementara itu Menteri Dalam Negeri yang diwakili oleh Direktur Jenderal Bina Pembangunan Daerah Ir. Restuardy Daud M.Sc, dalam paparan dan sambutannya yang disampaikan secara virtual, menyampaikan apresiasi kepada Gubernur Arinal selaku perwakilan Pemerintah Pusat di Daerah yang dinilai berhasil mensinkronkan Rencana Kerja Pemerintah Pusat kedalam Rencana Kerja Pemerintah Daerah.

Selain itu, apresiasi juga disampaikan atas peningkatan SDM Lampung yang terus meningkat secara signifikan di Provinsi Lampung, begitu juga halnya dalam pengentasan Pengangguran Terbuka, dimana Provinsi Lampung berhasil menduduki peringkat ketiga terendah di Sumatera.

Selain itu, Direktur Jenderal Bina Pembangunan Daerah Restuardy menyampaikan pemaparan terkait langkah-langkah yang perlu dilakukan untuk penghapusan kemiskinan ekstrim.

Disisi lain Kepala Bappenas RI yang diwakili oleh Direktur Pendanaan Multilateral Bappenas RI Dr.Rd Siliwanti, MPIA., dalam sambutannya menyampaikan 3 hal penting dalam pembangunan Provinsi Lampung, yakni Kondisi Perekonomian Global dan arah perekonomian Indonesia Tahun 2024, kemudian Pokok-pokok Rancangan Kerja Pemerintah Tahun 2024, serta beberapa pemikiran terkait pembangunan di Provinsi Lampung yang sejalan dengan arah kebijakan Tahun RKP.

BACA JUGA:Dinas Sosial Lambar Pastikan Buffer Stock Masih Aman

Musrenbang juga diisi dengan pemaparan oleh Menteri Perdagangan RI yang diwakili oleh Staf Ahli Menteri Bidang Iklim Usaha dan Investasi Andi Rizaldi, yang menyampaikan beberapa hal terkait transformasi ekonomi melalui hilirisasi komoditas unggulan Provinsi Lampung.

Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan pemaparan Pokok-pokok pikiran DPRD Provinsi Lampung yang disampaikan oleh Ketua DPRD Provinsi Lampung Mingrum Gumay.

Sementara itu Kepala Bappeda Provinsi Lampung Mulyadi Irsan dalam laporannya mengatakan bahwa maksud dan tujuan dari Musrenbang ini adalah sebagai forum lintas pemangku kepentingan pembangunan di daerah, untuk bersama-sama melakukan penajaman, penyelarasan, serta penyepakatan terhadap rancangan RKPD Provinsi Lampung Tahun 2024.

Pada kesempatan tersebut, Kepala Bappeda Mulyadi Irsan juga memberikan pemaparan terkait capaian Tahun 2022 dan Target Indikator Makro Pembangunan Provinsi Lampung Tahun 2024.

BACA JUGA:Puasa Tak Halangi Warga Mabar Jaya Lakukan Pemeliharaan Badan Jalan

Musrenbang ini sebelumnya didahului dengan Talkshow terkait Pemantapan Transformasi Ekonomi dan Kualitas SDM di Provinsi Lampung yang menghadirkan Narasumber Pendiri dan Ekonom Senior INDEF dan Guru Besar FEM IPB Prof. Didin S. Damanhuri, Rektor Universitas Bandar Lampung Prof. Dr. Ir. Yusuf S. Barusman, Direktur Pendanaan Multilateral Bappenas RI Dr.Rd Siliwanti, MPIA, Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Lampung Budiyono, Kepala Bappeda Provinsi Lampung Ir. Mulyadi Irsan, M.T, Pelaku Usaha Komoditi Kopi Zulfatun Nasichah.

Musrenbang kemudian ditutup dengan pemberian Penghargaan Penghargaan Daerah (PPD) Sai Bumi Ruwa Jurai Tahun 2023, Penghargaan tersebut diberikan oleh Pemerintah Provinsi Lampung kepada Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota dan Perangkat Daerah yang telah menunjukan kinerja terbaik dalam perencanaan, pelaksanaan, inovasi pembangunan, serta pencapaian target-target Pembangunan. 

PPD Sai Bumi Rua Jurai tahun 2023 untuk Kategori Kabupaten Terbaik diberikan kepada, Terbaik III Kabupaten Tanggamus, Terbaik II Kabupaten Pesawaran, Terbaik I Kabupaten Lampung Barat, sedangkan untuk Kategori Kota Terbaik diberikan kepada Kota Metro.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: