Wajib Tahu! Ini 7 Cara Menjaga Kesehatan Mata

Wajib Tahu! Ini 7 Cara Menjaga Kesehatan Mata

Ilustrasi-freepik.com-

MEDIALAMPUNG.CO.ID - Kamu mungkin pernah mendengar kata kata bijak bahwa mata adalah jendela dunia, karena dengan mata kita bisa melihat indahnya pemandangan di sekeliling kita. 

Mata juga memungkinkan kita membaca buku-buku yang menarik dan menonton film favorit kita. 

Bahkan beberapa profesi sangat mengandalkan kemampuan mata agar pekerjaannya bisa berjalan dengan baik. Karena fungsinya sangat penting kesehatan mata harus dijaga sebaik mungkin.

Setiap harinya banyak hal yang kita lakukan dengan mengandalkan kemampuan mata mulai dari membaca, menonton film, bekerja sampai bermain sosmed.

Membersihkan rumah pun pasti mengandalkan kemampuan mata ya, karena tanpa melihat tentunya akan sulit untuk bisa mengetahui bagian mana saja yang perlu dibersihkan kan.

Tapi yang jarang orang tahu seiring dengan bertambahnya usia fungsi mata juga akan menurun, dan kalau kesehatan mata kita tidak dijaga dengan baik sejak dini atau saat masih berusia muda bukan tidak mungkin kamu bisa mengalami keluhan atau kondisi tertentu yang dapat mengganggu penglihatan seperti mata lelah, mata kering, penglihatan buram atau bahkan katarak.

 

Cara- cara yang bisa kamu lakukan untuk menjaga kesehatan mata

1. Rutin Periksakan Mata ke Dokter

Sebenarnya baik anak anak, orang dewasa, maupun lansia dianjurkan memeriksakan kesehatan mata secara rutin minimal 2 tahun sekali. 

Orang dewasa yang berusia lebih dari 40 tahun bahkan disarankan untuk memeriksakan matanya lebih sering yaitu setahun sekali. Kenapa? Karena fungsi penglihatan mata bisa berkurang seiring waktu.

Dengan rutin memeriksakan mata dokter jadi lebih bisa memantau kesehatan mata, dan mendeteksi masalah mata sejak dini. Jadi jika seandainya kamu mengalami gangguan kesehatan mata penanganan bisa secepatnya diberikan. Agar tidak berkembang semakin parah.

 

2. Konsumsi Makanan Bergizi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: