Pj Gubernur Samsudin Ingatkan ASN Tidak Terlibat Politik Praktis Fokus pada Pelayanan Publik

Rabu 07-08-2024,21:58 WIB
Reporter : Dedi Andrian
Editor : Budi Setiawan

MEDIALAMPUNG.CO.ID - Pj Gubernur Lampung Samsudin menegaskan bahwa Aparatur Sipil Negara (ASN) harus tetap netral dan fokus pada pelayanan publik, tanpa terlibat dalam politik praktis.

Pernyataan tersebut disampaikan oleh Samsudin saat memberikan pengarahan mengenai netralitas ASN di Rumah Dinas Bupati Kabupaten Tulangbawang Barat (Tubaba) pada Rabu 7 Agustus 2024.

Acara ini dihadiri oleh Pj Bupati Tulangbawang Barat Firsada, Forkopimda, tokoh masyarakat, tokoh adat, para staf ahli, para asisten, pejabat eselon 2, camat, serta perwakilan dari KPU dan Bawaslu.

Samsudin menekankan pentingnya netralitas ASN dalam menghadapi Pemilu yang akan datang.

BACA JUGA:Pemprov Lampung dan DPRD Setujui Raperda RPJPD Tahun 2025- 2045

BACA JUGA:Pj Gubernur Samsudin Hadiri FGD Peningkatan Keamanan Wilayah Pesisir dan Pulau Kecil

“Netralitas ASN merupakan kunci dalam menjaga demokrasi yang sehat dan berintegritas. Dengan tidak menyalahgunakan sumber daya negara, termasuk birokrasi, keuangan, dan kewenangan untuk mendukung salah satu pihak, publik dapat lebih percaya bahwa proses pemilu berjalan jujur dan tanpa campur tangan yang merugikan,” ujar Samsudin.  

Ia menjelaskan bahwa indikator netralitas mencakup berbagai aspek penting, seperti netralitas dalam karier ASN yang memastikan tidak ada mutasi, demosi, atau promosi dalam enam bulan sebelum penetapan calon. 

Selain itu, netralitas dalam hubungan dengan partai politik melarang ASN menjadi anggota atau pengurus partai serta mencegah dukungan terbuka maupun tersembunyi terhadap partai tertentu. 

Samsudin juga menambahkan bahwa Undang-Undang ASN No 20 Tahun 2023 menegaskan asas netralitas dalam penyelenggaraan kebijakan dan manajemen ASN. ASN harus menjalankan perannya tanpa campur tangan politik, dan pengawasan netralitas dilakukan oleh Bawaslu Provinsi sesuai dengan Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 untuk memastikan profesionalisme dan netralitas ASN selama periode pemilu.

BACA JUGA:BPJN Laksanakan Penanganan Jalan Amblas di Jalinbar

BACA JUGA:Pj Gubernur Samsudin Terima Insentif Fiskal Pengendalian Inflasi Daerah Rp6,8 Miliar

Sementara itu, Pj Bupati Tulangbawang Barat Firsada dalam laporannya menjelaskan bahwa Pemerintah Kabupaten Tulang Bawang Barat terus berkomitmen meningkatkan capaian pembangunan yang menunjukkan tren positif, meskipun menghadapi berbagai tantangan dan isu strategis.

Dengan penegasan dari Pj Gubernur ini, diharapkan seluruh ASN di Provinsi Lampung dapat menjaga netralitas mereka, sehingga pelayanan publik dapat berjalan dengan baik dan masyarakat merasakan manfaat dari pemerintahan yang bersih dan profesional. 

Pj. Gubernur Samsudin juga berharap langkah ini dapat menjadi contoh bagi ASN di seluruh Indonesia dalam menjaga integritas dan profesionalisme mereka.

Kategori :