Pj Gubernur Samsudin Hadiri FGD Peningkatan Keamanan Wilayah Pesisir dan Pulau Kecil

Pj Gubernur Samsudin Hadiri FGD Peningkatan Keamanan Wilayah Pesisir dan Pulau Kecil

Pj Gubernur Samsudin saat menghadiri Focus Group Discussion peningkatan keamanan dan ketahanan di wilayah pesisir dan pulau-pulau kecil --

MEDIALAMPUNG.CO.ID - Pj Gubernur Lampung, Samsudin, menghadiri Focus Group Discussion (FGD) dengan tema Peningkatan Keamanan dan Ketahanan di Wilayah Pesisir dan Pulau-Pulau Kecil di Swiss-belhotel, Kamis 1 Agustus 2024.

Acara ini mengusung strategi dan upaya Pemerintah Republik Indonesia bersama para pemangku kepentingan.

"Atas nama Pemerintah Provinsi Lampung, saya mengucapkan selamat datang kepada para narasumber dan peserta FGD yang peduli dengan isu-isu pesisir dan kepulauan," ucap Samsudin dalam sambutannya.

Samsudin menyampaikan bahwa pulau-pulau kecil di Lampung tidak hanya menjadi tujuan wisata yang indah dan menarik, tetapi juga dikunjungi oleh masyarakat dari luar Lampung serta memiliki fungsi ekologis dan ekonomi yang vital.

BACA JUGA:Presley Hutabarat Mundur Dari Jabatan Dirut Bank Lampung Alasan Kepentingan Keluarga

BACA JUGA:DPRD Lampung Barat Monitor Pelayanan Adminduk di Kecamatan Sekincau

Namun, wilayah-wilayah ini menghadapi berbagai ancaman yang membutuhkan perhatian serius dan tindakan terpadu dari berbagai pihak.

"Kita harus menyadari bahwa sebagai salah satu wilayah pesisir, Provinsi Lampung rentan terhadap berbagai ancaman keamanan. Risiko ancaman keamanan seperti illegal fishing, piracy, dan maritime crimes merupakan ancaman nyata yang harus kita waspadai," pesannya.

Aksi-aksi ini tidak hanya mengancam keselamatan kapal dan aktivitas pelayaran, tetapi juga menimbulkan kerugian ekonomi yang signifikan dan kerugian jiwa yang tidak ternilai.

Perubahan iklim global juga memberikan dampak yang semakin nyata di wilayah pesisir.

BACA JUGA:Presley Hutabarat Mundur Dari Jabatan Dirut Bank Lampung Alasan Kepentingan Keluarga

BACA JUGA:Demokrat Resmi Dukung Parosil Mabsus di Pilkada Lampung Barat

Seperti kenaikan permukaan laut, perubahan pola cuaca, dan peningkatan frekuensi badai tropis yang mengancam ekosistem pesisir dan pulau-pulau kecil.

Kondisi ini berpotensi menyebabkan erosi pantai, kerusakan habitat laut, serta dampak sosial dan ekonomi bagi masyarakat yang menggantungkan hidup pada sumber daya pesisir. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: