Puskesmas Kotabumi Udik Gelar Pelatihan PMT Berbasis Pangan Lokal

Puskesmas Kotabumi Udik Gelar Pelatihan PMT Berbasis Pangan Lokal

--

LAMPURA, MEDIALAMPUNG.CO.ID - UPTD Puskesmas Kotabumi Udik menggelar pelatihan Pemberian Makanan Tambahan (PMT) berbasis pangan lokal pada Jumat, 13 September 2024. 

Pelatihan ini diadakan di aula puskesmas setempat dan diikuti oleh Ketua TP PKK dari lima desa, 40 kader posyandu, serta lima bidan desa dari wilayah kerja UPTD Puskesmas Kotabumi Udik, Kecamatan Kotabumi, Lampung Utara.

Pelatihan ini bertujuan untuk memberikan pembekalan kepada tim pelaksanaan dalam menyiapkan PMT berbahan pangan lokal bagi balita yang kekurangan gizi serta ibu hamil yang mengalami Kekurangan Energi Kronis (KEK). 

Heldawati, Kepala UPTD Puskesmas Kotabumi Udik, dalam sambutannya menegaskan bahwa pelatihan ini merupakan bagian dari upaya percepatan penurunan angka stunting di wilayah Lampung Utara. 

BACA JUGA:10 Warga Katibung Dapat Bantuan Bedah Rumah dari Pemkab Lampung Selatan

Selain itu, pelatihan ini juga bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan para kader dalam pemberian makanan tambahan yang berbasis pangan lokal.

"Untuk itu saya berharap kepada ibu kepala desa selaku Ketua TP PKK di desa, agar sekiranya dapat membantu untuk mengawal kegiatan ini," kata Heldawati. 

Pelatihan ini juga merupakan tindak lanjut dari program prioritas nasional yang dikampanyekan oleh pemerintah pusat. 

"Kenapa program ini selalu digaungkan di Lampung Utara? Karena ini adalah program prioritas nasional dan sekaligus rakornya pak Pj Bupati. Jadi, setiap Bupati, baik di awal maupun akhir tahun, pasti memberikan laporan ke Kemenkes," jelas Heldawati.

BACA JUGA:Hingga Agustus 2024, Sebanyak 46.240 Pekerja Terdampak Badai PHK di Indonesia

Kegiatan ini diharapkan mampu membawa perubahan signifikan dalam penanganan stunting dan ibu hamil KEK di wilayah tersebut. 

Dengan keterlibatan aktif para kader dan perangkat desa, pelaksanaan program PMT di Lampung Utara diharapkan berjalan lebih efektif dan menyentuh lapisan masyarakat yang membutuhkan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: