Forum PENA Hadir Awasi Netralitas ASN Kemenag di Tahun Politik

Forum PENA Hadir Awasi Netralitas ASN Kemenag di Tahun Politik

--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID – Untuk turut menjaga serta mengawasi netralitas aparatur sipil negara (ASN) di tahun politik, sejumlah ASN di jajaran kantor wilayah kementerian agama Provinsi Lampung telah membentuk Forum Pemantau Netralitas ASN (PENA).

Diketahui Forum PENA merupakan perkumpulan beberapa ASN Kementerian Agama se-Provinsi Lampung yang berinisiasi untuk turut membantu pemerintah dalam memastikan netralitas ASN, khususnya yang berada di lingkungan Kanwil Kemenag Provinsi Lampung.

Koordinator Wilayah PENA Lampung Apson Sanjaya mengatakan bahwa keberadaan PENA untuk memastikan dan meyakinkan bahwa para ASN di lingkungan Kanwil Kemenag Lampung tidak menggunakan Media Sosial untuk memberikan dukungan dan keberpihakan secara terang-terangan, karena itu melanggar peraturan yang ada.

“Kami mengajak seluruh ASN Kemenag untuk komitmen terhadap netralitas itu sekaligus menghimbau agar mereka menjadi penyejuk bagi masyarakat dalam perhelatan Pemilu nanti,”ujarnya.

BACA JUGA:Pj Peratin Way Ngison Jadikan Apel Pagi Sarana Pembinaan Aparatur

BACA JUGA:Irigasi Rusak Akibat Banjir, Puluhan Hektare Sawah di Atakh Kuripan Terancam Gagal Panen

Pada saat yang sama, Kepala Kanwil Kemenag Lampung Puji Raharjo juga menegaskan bahwa kehadiran PENA harus memberikan efek yang baik, bukan justru menjadi pemicu keretakan hubungan bagi ASN Kemenag itu sendiri.

“Sederhananya begini, jika ada diantara ASN kita yang melanggar, jangan langsung divonis. Tetapi pelajari dulu, diingatkan, dan dikembalikan ke jalur yang semestinya. Bagi ASN, pelanggaran apapun akan ditinjau oleh atasannya, yaitu Pembina Kepegawaiannya. Ini penting, supaya PENA juga tidak terlalu maju dalam setiap mekanisme kerjanya," demikian arahan beliau.

Disisi lain, Kasubbag TU Kankemenag Lambar Miftahus Surur yang turut hadir dalam forum silaturahmi itu menilai bahwa kehadiran PENA akan sangat membantu pemerintah dalam memastikan netralitas ASN.

“Dengan begini, maka para penyelenggara Pemilu juga akan terbantu karena gerak gerik ASN terkait Pemilu 2024 ini terpantau oleh PENA,” tegasnya.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: