Perbaiki Kerusakan Jalan Nasional, BPJN Tambal Sulam Ruas Liwa-Batu Brak

Perbaiki Kerusakan Jalan Nasional, BPJN Tambal Sulam Ruas Liwa-Batu Brak

--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Kementerian PUPR melalui Balai Pelaksana Jalan Nasional (BPJN) Satuan Kerja (Satker) Wilayah II PPK 2.3, menjelang pertengahan tahun ini melakukan perbaikan ruas Jalan Nasional tepatnya Batas Provinsi Bengkulu – Simpang Gunung Kemala-Padang Tambak yang telah mengalami kerusakan, seperti pada ruas Liwa-Batu Brak.

Perbaikan jalan dengan sistem tambal sulam (patching) itu dilaksanakan dalam rangka pemeliharaan untuk menjaga kemantapan fungsi jalan sehingga memberikan kenyamanan dan keamanan bagi pengguna jalan.

BACA JUGA:Pekon Tebaliokh Salurkan BLT DD Tahap Pertama kepada 21 KPM

Kementerian PUPR Balai Pelaksanaan Jalan Nasional Satker Wilayah II PPK 2.3 Batas Provinsi Bengkulu - Sp.Gunung Kemala - Padang Tambak Joko Wisargo, S.T, M.T, melalui Koordinator Pelaksana Teknik Rusmadi Gani, S.T, menyampaikan tahun ini pihaknya melakukan penambalan (patching) jalan-jalan berlubang di beberapa titik jalan nasional yang berada di bawah kewenangannya.

“Patching kita lakukan di sepanjang ruas jalan nasional tepatnya dari wilayah Padang Tambak hingga batas Provinsi Bengkulu, dan itu merupakan komitmen Kementerian PUPR melalui BPJN untuk menjaga kemantapan jalan di terutama di musim hujan yang berlangsung saat ini,” ujarnya.

BACA JUGA:Dua Gapoktan di Lambar Terima Bantuan dari Kementan

Rusmadi menjelaskan pekerjaan reservasi jalan nasional dilakukan hanya beberapa kilometer, itu pun guna melengkapi aksesibilitas dengan beberapa skala prioritas yang dikerjakan. 

Beberapa jenis pekerjaan yang dilakukan diantaranya adalah pemeliharaan rutin dan berkala.

BACA JUGA:Lambar akan Ada Penambahan PLKB

“Pemeliharaan yang dilakukan berupa penanganan kerusakan ringan pelapisan ulang permukaan (overlay), Patching, termasuk pemeliharaan jembatan,” katanya.

Menurutnya, pekerjaan peningkatan serta pemeliharaan rutin jalan nasional di wilayah Lampung terus dilakukan oleh Pemerintah Pusat melalui Kementerian PUPR dan untuk tahun ini pemerintah menggelontorkan anggaran senilai Rp30 miliar untuk paket pemeliharaan jalan nasional berupaya perbaikan jalan amblas, perbaikan kerusakan ringan atau overlay dan patching. 

BACA JUGA:Faktor Cuaca, Harga Tanaman Hortikultura Berangsur Naik

“Pemerintah melalui kementerian PUPR tetap berupaya menjaga kemantapan akses jalan dan kita targetkan sebelum akhir tahun seluruh pekerjaan selesai,” pungkasnya.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: