Dua Gapoktan di Lambar Terima Bantuan dari Kementan

Dua Gapoktan di Lambar Terima Bantuan dari Kementan

--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID – Dua gabungan kelompok tani (Poktan) di Kabupaten Lambar yaitu Gapoktan Agung Lestari Pekon Karang Agung Kecamatan Way Tenong dan Gapoktan Subur Alam Pekon Tanjung Raya Kecamatan Sukau mendapatkan bantuan dari Kementerian Pertanian (Kementan).

Kabid Hortikultura Cekden, S.Sos, M.M., mendampingi Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura (DTPH) Ir. Nata Djudin Amran mengungkapkan, pemerintah pusat melalui Kementan mengalokasikan bantuan melalui program pengembangan kawasan kampung cabai hortikultura ke Kabupaten Lambar dan jenis bantuannya berupa pupuk 4,4 ton, pupuk cair asam humat 140 liter, mulsa 160 rol serta 200 sachet bibit cabai merah varietas lado F1. 

BACA JUGA:Lambar akan Ada Penambahan PLKB

“Untuk bantuan pupuk, pupuk cair asam humat dan mulsa telah didistribusikan kepada Gapoktan, masing masing Gapoktan menerima bantuan pupuk 2,2 ton, pupuk cair asam humat 70 liter dan mulsa 80 rol. Sementara untuk bibit cabai masing-masing Gapoktan nanti akan menerima 100 sachet,” kata Cekden, Kamis (25/5/2023).

Masih kata dia, untuk bibit cabai masih menunggu didistribusikan dari pemerintah pusat dan nanti akan ditanam di lahan seluas 20 hektar rinciannya Gapoktan Agung Lestari 10 Ha dan Gapoktan Subur Alam 10 hektar. 

BACA JUGA:Faktor Cuaca, Harga Tanaman Hortikultura Berangsur Naik

Ia berharap melalui program tersebut petani akan lebih giat lagi membudidayakan tanaman cabai, itu mengingat komoditas tersebut memiliki nilai ekonomis yang cukup tinggi. 

“Kita berharap dengan adanya bantuan bibit cabai merah ini dapat meningkatkan pendapatan masyarakat khususnya Gapoktan penerima bantuan,” pungkas Cekden.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: