Jelang Nyepi, Umat Hindu di Pesisir Barat Gelar Pawai Ogoh-Ogoh

Jelang Nyepi, Umat Hindu di Pesisir Barat Gelar Pawai Ogoh-Ogoh

--

PESBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Umat hindu di Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar), menggelar pawai ogoh-ogoh dalam rangka menyambut Hari Raya Nyepi Tahun Baru Saka 1945, yang dipusatkan di Pura Melasti Pekon Marang Kecamatan Pesisir Selatan, sekitar pukul 16.30 WIB, Selasa (21/3/2023).

Ketua Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Kabupaten Pesbar, Gusti Kade Artawan, mengatakan, dalam kegiatan pawai ini sebanyak tiga patung ogoh-ogoh yang diarak, terdiri dari dua patung ukuran besar dan satu ukuran kecil. 

BACA JUGA:Ratusan Pegawai Honorer Nakes dan Non Nakes di Tanggamus Gelar Aksi Damai

Semua patung ogoh-ogoh yang diarak itu selanjutnya di bakar karena ogoh-ogoh itu sebagai simbol negatif.

"Patung ogoh-ogoh tersebut diarak dari Pemangku Bali Yoga yang berada di ujung Pekon Marang menuju Pura Melasti, dan dibakar dipinggir pantai Melasti," katanya.

BACA JUGA:Upaya Peningkatan Kinerja APBN Lingkup KPPN Liwa Melalui Digitalisasi Pembayaran

Dijelaskannya, dalam pelaksanaan arak-arakan patung ogoh-ogoh tersebut berjalan dengan lancar. 

Tentu pihaknya juga mengucapkan terimakasih kepada semua pihak baik aparat Pemerintahan Pekon, Kecamatan, Kepolisian, masyarakat maupun terkait lainnya yang telah mendukung kegiatan arak-arakan patung ogoh-ogoh yang merupakan salah satu rangkaian dalam menyambut Nyepi bagi umat hindu yang ada di Kabupaten Pesbar ini hingga selesai.

BACA JUGA:Pemberhentian dan Pengangkatan Perangkat Desa Harus Sesuai Undang-undang

"Sedangkan untuk puncak nyepi akan dilaksanakan pada Rabu (22/3/2023), semua umat hindu khususnya di Pesbar ini akan melaksanakan Catur Brata Penyepian," jelasnya.

Masih kata dia, dalam rangkaian perayaan Nyepi di Kabupaten Pesbar ini tentu sama dengan tahun sebelumnya. 

BACA JUGA:Kodim 0410/KBL Gelar Pembinaan Jaring Mitra Karib

Mudah-mudahan selama perayaan nyepi yang dilaksanakan oleh umat Hindu di Pesbar ini dapat berjalan dengan lancar dan tanpa hambatan hingga selesai nanti.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: