Empat Hektare Tanaman Padi Terserang Wereng Hijau, DKPP Pesbar Lakukan Penanganan

Rabu 18-01-2023,19:38 WIB
Reporter : Yayan Prantoso
Editor : Budi Setiyawan

PESBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar), telah melakukan pengecekan sekaligus penanganan terhadap tanaman padi warga di Pekon Sumur Jaya Kecamatan Pesisir Selatan, yang terserang hama wereng hijau, Senin (16/1) lalu.

Kabid Tanaman Pangan dan Hortikultura, Yunirizal Efendi, S.P., mendampingi Kepala DKPP Pesbar, Unzir, S.P., mengatakan, setelah mendapat laporan dari masyarakat, petugas lapangan langsung turun ke lokasi untuk melakukan pengecekan terhadap tanaman padi warga di Pekon Sumur Jaya yang diduga terserang hama.

“Dari hasil pengecekan tanaman padi warga itu terserang hama wereng hijau, selain itu ada juga tanaman yang terserang gejala blas (daun kuning), dengan total keseluruhan sekitar empat hektare tanaman padi yang terserang hama,” katanya, Rabu (18/1).

BACA JUGA:Disdik Pesbar Sayangkan Oknum Kepsek Yang Diduga Cabuli Siswinya

BACA JUGA:DPMP Pesbar Minta Peratin Tidak Asal Ganti Aparat Pekon

Dikatakannya, dari hasil pengecekan itu, petugas langsung melakukan penanganan dengan penyemprotan massal bersama petani setempat. 

Penyemprotan dengan pestisida itu sebagai upaya untuk penanganan dan pencegahan terhadap serangan hama wereng hijau itu agar tidak merambah luas ke tanaman padi lainnya. 

“Tanaman padi yang terserang hama itu berumur sekitar 40 hari, kita berharap masih bisa ditangani dan mudah-mudahan tidak sampai terjadi gagal panen. 

BACA JUGA:Lambar Miliki 38 Pokdarwis

BACA JUGA:Residivis Beraksi, Bawa Kabur Tiga Ekor Sapi Milik Warga Pandansari

Kita mengimbau petani agar dalam penggunaan pestisida sesuai dengan dosis yang dianjurkan,” pungkasnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, sejumlah petani di Pekon Sumur Jaya, mengeluhkan serangan hama pada areal persawahan yang diduga hama kresek. 

Sudirman salah seorang petani setempat mengatakan sekitar tiga hektar areal persawahan di pekon tersebut mengalami kerusakan yang cukup parah akibat serangan hama. Bahkan lebih dari luasan areal persawahan yang terserang hama kresek.

BACA JUGA:Lantik Pengurus DPC Se-Lampung, AHY Tegas Tolak Wacana Pemilu Proporsional Tertutup

BACA JUGA:Dituntut 12 Tahun Penjara, Barada E Sempat Menangis

Kategori :