Kawanan Gajah Turut 'Panen' Padi di Suoh

Kawanan Gajah Turut 'Panen' Padi di Suoh

--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Kawanan gajah liar tiba-tiba memasuki areal persawahan milik masyarakat di Pemangku Kalibata, Pekon Sukamarga, Kecamatan Suoh, Kabupaten Lampung Barat, tepatnya saat masyarakat sedang melakukan proses panen padi.

Kejadian tersebut terjadi pada Selasa sore (26 September 2023), tepatnya di areal persawahan milik Selamat warga setempat. 

Akibatnya, sekitar satu petak sawah dengan posisi tanaman padi siap panen dimakan kawanan satwa berbelalai tersebut.

Kepala Taman Nasional Bukit Barisan Selatan (TNBBS) Bidang Wilayah II Liwa Amri, SH, M.Hum., melalui Kepala TNBBS Resort Suoh Sulki, SH., mengatakan, kawanan gajah tersebut tiba-tiba memasuki areal persawahan milik Selamat, saat sang pemilik sedang melakukan panen.

BACA JUGA:Pekerja Tanggapi Indikasi Pelanggaran Aturan Proyek Pipa Distribusi PDAM Way Tenong

"Kawanan gajah berjumlah sekitar 18 ekor, sebagian besar dari kawanan gajah tersebut masuk ke areal persawahan dan merusak serta memakan tanaman padi siap panen milik saudara Selamat," ungkapnya.

Menerima laporan adanya kawanan gajah yang memasuki areal persawahan masyarakat tersebut, lanjut Sulki, maka pihaknya langsung menurunkan tim untuk melakukan pemantauan di lokasi dan berupaya melakukan penghalauan.

"Penghalauan dan penggiringan kami lakukan kembali hari ini," ungkap Sulki menambahkan.

Dijelaskan, tim yang terlibat dalam penghalauan dan penggiringan tersebut tidak hanya dari TNBBS Resort Suoh, namun juga dibantu dari TNBBS Sekincau, Resort Balik Bukit dan Resort Lumbok Seminung dengan masing-masing menurunkan tiga orang, serta Satgas Penanganan Konflik Gajah Suoh.

BACA JUGA:Formasi CPNS Untuk Lulusan SMA/SMK, Segini Kisaran Gaji Penjaga Tahanan Kejagung

"Kami lakukan upaya penghalauan dan penggiringan, kamu upayakan agar kawanan gajah tersebut menjauh dari pemukiman dan areal persawahan masyarakat. Alhamdulillah kami dibantu dari Resort terdekat," kata Sulki menambahkan.

Mengingat kawanan gajah tersebut cenderung agresif, maka ia menghimbau kepada masyarakat untuk sementara menjauhi lokasi maupun jalur perlintasan dalam melakukan penggiringan.

"Kami akan terus berupaya untuk melakukan penghalauan dan penggiringan agar kawanan gajah tersebut bisa menjauh," tandasnya.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: