Diproduksi di Indonesia, Mobil Listrik Neta X Bakal Diekspor ke Luar Negeri

Diproduksi di Indonesia, Mobil Listrik Neta X Bakal Diekspor ke Luar Negeri

Neta X diperkenalkan di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2024 pada akhir Juli lalu--

MEDIALAMPUNG.CO.ID - Produsen mobil listrik asal China, Neta, mengumumkan rencana produksi lokal untuk model terbarunya, Neta X, yang akan dipasarkan di Indonesia. 

Meskipun baru saja diperkenalkan pada Juli 2024, langkah ini menegaskan komitmen Neta dalam mendukung industri otomotif lokal. 

Neta X merupakan model kedua yang diproduksi di Indonesia setelah Neta V-II, dengan kapasitas produksi mencapai 27.000 unit per tahun di tahap awal.

Produksi Neta X akan dilakukan dalam bentuk completely knocked down (CKD) di pabrik milik PT Handal Indonesia Motor, yang berlokasi di Bekasi, Jawa Barat. 

BACA JUGA:WHO Resmi Umumkan Vaksin Mpox Pertama dari Bavarian Nordic Lawan Cacar Monyet

Hal ini juga menandai kolaborasi strategis antara Neta dengan mitra lokal untuk meningkatkan kualitas dan memenuhi regulasi pemerintah terkait penggunaan komponen lokal.

"Dengan kerja sama antara Neta dan para mitra lokal, kami optimistis kolaborasi ini dapat menghasilkan mobil listrik berkualitas terbaik," ujar Peter Zhang, Managing Director Neta Auto Indonesia, dalam acara seremonial di Bekasi pada 13 September 2024. 

Neta juga menargetkan peningkatan penggunaan tingkat komponen dalam negeri (TKDN) yang saat ini sudah mencapai 44 persen.

Tak hanya untuk pasar domestik, produksi lokal Neta X juga ditujukan untuk ekspor ke beberapa negara lain. 

BACA JUGA:Rilis Setahun Lalu, Segini Harga ASUS Zenfone 10 Sekarang

Dengan peluncuran resminya yang dijadwalkan pada bulan ini, Neta akan mengumumkan harga resmi model ini setelah debutnya di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2024 pada akhir Juli lalu. 

Neta juga berencana memperluas kerjasama dengan PT Gotion Green Energy Solutions dalam penyediaan baterai untuk mendukung operasional mobil listriknya.

Langkah besar Neta ini menjadi salah satu upaya untuk memajukan industri otomotif Indonesia, khususnya di segmen mobil listrik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: