Upacara Detik-Detik Proklamasi di IKN, Momen Bersejarah Kebangkitan Indonesia

Upacara Detik-Detik Proklamasi di IKN, Momen Bersejarah Kebangkitan Indonesia

Paskibraka pertama yang bertugas di Ikn--

MEDIALAMPUNG.CO.ID - Upacara Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) tahun ini akan menjadi momen bersejarah yang tak terlupakan. 

Pada Sabtu, 17 Agustus 2024, untuk pertama kalinya, upacara ini akan diselenggarakan di Halaman Istana Negara di Ibu Kota Nusantara (IKN). 

Momen ini sekaligus menjadi saksi pergeseran pusat pemerintahan dari Jakarta ke IKN, yang kini resmi menjadi simbol baru kemajuan dan kebangkitan Indonesia.

 

Sejarah Baru di Ibu Kota Baru

Selain diselenggarakan di IKN, upacara Detik-Detik Proklamasi ini juga akan diikuti secara hybrid dari Istana Merdeka, Jakarta, tepat pada pukul 11.00 WITA. 

Pengibaran bendera akan menjadi puncak acara, di mana Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Tingkat Pusat siap menjalankan tugas mereka dengan penuh kebanggaan dan tanggung jawab.

Paskibraka tahun ini terdiri dari 76 putra-putri terbaik bangsa yang telah melalui seleksi ketat dari berbagai provinsi. 

Mereka dibagi menjadi dua tim, yaitu Tim Nusantara Baru yang bertugas pada upacara pagi hari, dan Tim Indonesia Maju yang bertugas pada upacara penurunan bendera di sore hari. 

Formasi Paskibraka ini tetap mempertahankan tradisi dalam formasi 17, 8, dan 45, yang melambangkan tanggal kemerdekaan Indonesia.

 

Tim Nusantara Baru: Pengibar Pertama di IKN

Pada upacara pagi hari, Tim Nusantara Baru akan mengukir sejarah sebagai pengibar pertama Sang Merah Putih di Ibu Kota Nusantara. 

Berikut adalah formasi Tim Nusantara Baru:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: