Pembangunan Infrastruktur Dasar IKN Tahap Pertama Rampung, Tahap Kedua Lanjut Tahun Depan

Pembangunan Infrastruktur Dasar IKN Tahap Pertama Rampung, Tahap Kedua Lanjut Tahun Depan

SPAM Sepaku--

MEDIALAMPUNG.CO.ID - Pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) terus berlanjut dengan progres yang signifikan. 

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono, yang juga menjabat sebagai Pelaksana Tugas Kepala Otorita IKN, memastikan bahwa pembangunan infrastruktur dasar di IKN batch pertama hampir selesai.

Sambil menuntaskan tahap pertama, Kementerian PUPR dan Otorita IKN telah memulai pembangunan infrastruktur dasar batch kedua.

Pada tahap kedua ini, Kementerian PUPR dan Otorita IKN fokus pada beberapa proyek utama, termasuk pembangunan Jalan Tol IKN, hunian untuk ASN, serta gedung-gedung perkantoran. 

BACA JUGA:Progres Pembangunan IKN Lampaui Target dan Rencana

Selain itu, Kementerian PUPR juga akan memulai pengembangan Kawasan Investasi di IKN. 

Basuki menegaskan bahwa anggaran telah disiapkan untuk melaksanakan proyek-proyek tersebut.

Untuk tahun 2025, Kementerian PUPR telah mengalokasikan Rp4,19 triliun dari pagu indikatifnya untuk melanjutkan pembangunan infrastruktur di IKN. 

Anggaran ini akan digunakan untuk pembangunan infrastruktur sumber daya air, jalan dan jembatan, permukiman, serta Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) di kawasan Sepaku, termasuk pembangunan infrastruktur perumahan.

BACA JUGA:Penutupan Pendaftaran CPNS Makin Dekat, Website E-meterai Malah Error

Secara rinci, Basuki menjelaskan bahwa infrastruktur sumber daya air meliputi pengendalian banjir di Daerah Aliran Sungai (DAS) Pemaluan, pembangunan intake dan pipa transmisi air baku, serta pemeliharaan sarana dan prasarana yang sudah ada, seperti Bendungan Sepaku Semoi dan intake air baku di Sungai Pamaluan. 

Ini merupakan bagian dari upaya untuk memastikan kelancaran penyediaan air bersih di IKN.

Untuk infrastruktur jalan dan jembatan, pembangunan akan difokuskan pada penyelesaian Jalan Tol Seksi 3A-2 Segmen Karangjoang-KKT Kariangau, Jalan Tol Seksi 3B-2 Segmen KKT Kariangau - SP Tempadung, serta pengawasan teknik duplikasi Jembatan Pulau Balang Bentang Pendek II. 

Sementara itu, pada infrastruktur permukiman, Kementerian PUPR akan membangun Gedung Wing 2 dan kawasan kantor Kementerian PUPR.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: