Dinsos Lampung Barat Respon Perihal Penemuan Bayi di Pos Ronda Pekon Pampangan

Dinsos Lampung Barat Respon Perihal Penemuan Bayi di Pos Ronda Pekon Pampangan

Ilustrasi Bayi Dalam Kardus-AI Image Generator-

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Lampung Barat, berikan tanggapan terkait penemuan bayi jenis kelamin laki-laki berusia beberapa hari di Pos Ronda Pekon Pampangan, Kecamatan Sekincau pada Selasa, 9 Juli 2024 sekitar pukul 04.30 WIB.

Kabid Rehabilitasi Sosial Fathan mendampingi Kepala Dinsos Lampung Barat Jaimin, S.IP., menyampaikan jika telah menerima informasi terkait penemuan bayi tersebut, dan telah melakukan koordinasi dengan pihak puskesmas yang saat ini menjadi tempat diistirahatkan bayi sembari diberikan pengecekan kesehatan. 

Fathan menegaskan nantinya sang bayi akan dirawat di RSUD Alimuddin Umar (RSUAU) Liwa, hal itu dilakukan karena di Kabupaten Lampung Barat belum memiliki panti penampungan anak.

"Karena kita belum memiliki panti penampungan anak maka kita akan berkoordinasi dengan Dinas Sosial Provinsi yang memang telah memiliki fasilitas tersebut," terangnya. 

BACA JUGA:Unit PPA Polres Lampung Barat Turun Ungkap Orang Tua Pembuang Bayi di Pos Kamling Pampangan

Dan upaya yang akan dilakukan sementara ini tentunya melakukan pemeriksaan dan perawatan untuk kesehatan sang bayi seperti terkait asupan makanan maupun lainnya, sembari menunggu langkah dan petunjuk dari dinas provinsi. 

Sedangkan perihal banyaknya masyarakat yang menyatakan siap mengadopsi bayi malang tersebut, kata dia, boleh saja namun ada syarat-syarat tertentu yang harus dipenuhi, atau melalui proses administrasi kelengkapan persyaratan yang berlaku melalui tes psikologi kemudian terkait kondisi kemampuan keluarga yang akan mengadopsi.

"Untuk proses adopsi sendiri ada banyak syarat yang harus dilengkapi oleh keluarga yang akan mengadopsi terkait kesiapan dan lain sebagainya serta itu harus melalui, proses sidang di pengadilan," jelas dia. 

Saat ini bayi tersebut pernah diberikan perawatan di Puskesmas Sekincau, namun hingga berita ini diturunkan belum ada konfirmasi dari pihak puskesmas tentang kondisi kesehatannya.

BACA JUGA:Warga Pekon Pampangan Temukan Bayi Laki-Laki Dalam Kardus di Pos Kamling

Pihak Polsek Sumber Jaya dan Unit Perlindungan Perempuan dan Anak (PPA) Polres Lampung Barat juga masih melakukan penyelidikan untuk memburu orang tua dari bayi yang ditelantarkan itu.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: