Anggota Forum SDI Bandar Lampung Menandatangani Komitmen Bersama untuk Peningkatan Tata Kelola Data

Anggota Forum SDI Bandar Lampung Menandatangani Komitmen Bersama untuk Peningkatan Tata Kelola Data

--

MEDIALAMPUNG.CO.ID - Seluruh unsur Forum Satu Data Indonesia Pemerintah Kota Bandar Lampung secara resmi menandatangani komitmen bersama dalam rangka memperkuat penyelenggaraan Satu Data Indonesia (SDI) di Kota Bandar Lampung.

Penandatanganan komitmen bersama ini dilakukan dalam acara pembinaan statistik sektoral yang diselenggarakan oleh Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Bandar Lampung.

Acara tersebut dihadiri oleh para pemangku kepentingan dari Satu Data Indonesia, termasuk juga Kepala Badan Perencanaan Pembangunan, Riset, dan Inovasi Daerah (BAPPERIDA) Kota Bandar Lampung selaku Koordinator Forum Satu Data Indonesia Kota Bandar Lampung, Dini Purnamawaty, SE., M.Si., Plt. Dinas Komunikasi dan Informatika selaku Wali Data, Dirmansyah, ST., MPSDA, dan Kepala BPS Kota Bandar Lampung selaku Pembina Forum Satu Data, Ir. Akhmad Nasrudin. Selain itu, para produsen data yang ada di Pemerintahan Kota Bandar Lampung juga turut hadir dalam acara tersebut.

Penandatanganan komitmen bersama ini merupakan langkah konkret sebagai bentuk komitmen dan keseriusan dalam melaksanakan kebijakan SDI di Kota Bandar Lampung.

BACA JUGA:Wali Kota Bandar Lampung Tegaskan Perlunya Menjaga Integritas untuk Menghindari Korupsi

"Komitmen bersama ini juga sejalan dengan dikeluarkannya Peraturan Walikota (Perwali) Nomor 35 tahun 2022, yang mengatur tentang penyelenggaraan SDI di tingkat lokal,"ucapnya.

Dalam acara tersebut juga dilakukan perkenalan Portal Satu Data Indonesia, yang akan menjadi sarana penting dalam pengelolaan dan pertukaran data di Kota Bandar Lampung.

"Dalam sambutannya, Kepala Bapperida Kota Bandar Lampung menyampaikan harapannya bahwa dengan adanya implementasi kebijakan SDI dan komitmen bersama ini, Kota Bandar Lampung akan dapat mengoptimalkan penggunaan data untuk perencanaan pembangunan yang lebih baik,"tambahnya.

Data yang terintegrasi, terpercaya, dan mudah diakses akan memberikan dasar yang kuat dalam pengambilan keputusan yang akurat, alokasi sumber daya yang efektif, serta peningkatan kualitas pelayanan publik.

BACA JUGA:Wali Kota Bandar Lampung Tinjau Perbaikan Talut yang Jebol Akibat Banjir Beberapa Waktu Lalu

"Pemerintah Kota Bandar Lampung juga berkomitmen untuk terus meningkatkan tata kelola data melalui implementasi kebijakan SDI. Dengan sinergi antara instansi pemerintah dan partisipasi aktif masyarakat, Kota Bandar Lampung berharap dapat mencapai pembangunan yang berkelanjutan dan meningkatkan kualitas hidup masyarakat secara keseluruhan,"ucapnya.

Dengan penandatanganan komitmen bersama ini, diharapkan Forum Satu Data Indonesia Kota Bandar Lampung dapat bergerak lebih cepat dalam mewujudkan harapan untuk memberikan manfaat besar bagi masyarakat.

Kolaborasi antar instansi pemerintah dan partisipasi aktif masyarakat akan menjadi kunci dalam menghadapi berbagai tantangan pembangunan yang kompleks.* 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: