Berikan Bantuan Untuk Penyandang Disabilitas, Dinsos Provinsi Lampung Gelar Kegiatan UPSK di Pesisir Barat

Berikan Bantuan Untuk Penyandang Disabilitas, Dinsos Provinsi Lampung Gelar Kegiatan UPSK di Pesisir Barat

--

PESBAR, MEDIALAMPUNG.CO.IDDinas Sosial (Dinsos) Provinsi Lampung, melaksanakan kegiatan Unit Pelayanan Sosial Keliling (UPSK) Tahun 2023, yang dipusatkan di Balai Pekon Way Napal, Kecamatan Krui Selatan, Kabupaten Pesisir barat, Sabtu, 16 Desember 2023.

Hadir dalam kegiatan itu, Wakil Bupati Pesbar A.Zulqoini Syarif, S.H., Ketua Umum Persatuan Komunitas Disabilitas Lampung (PKDL) Riana Sari Arinal, Kepala Dinsos Provinsi Lampung, Drs. Aswarodi, M.Si, Ketua I Tim Penggerak-Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Pesbar, Yulnawati Zulqoini.

Selain itu, hadir juga Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP) Pesbar, L. Liastuti, S.Pd., M.M., perwakilan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait, para Peratin se-Kecamatan Krui Selatan, dan masyarakat penerima bantuan disabilitas se-Kabupaten setempat.

Dalam kesempatan itu, Wakil Bupati Pesbar, A.Zulqoini Syarif, mengatakan, penyandang disabilitas adalah setiap orang yang mengalami keterbatasan fisik, intelektual, mental, dan/atau sensorik dalam jangka waktu lama, yang dalam berinteraksi dengan lingkungan dapat mengalami hambatan dan kesulitan untuk berpartisipasi secara penuh dan efektif dengan masyarakat lainnya. 

BACA JUGA:Masa Kampanye, Kepala Bakesbangpol Lampung Barat Imbau Peserta Pemilu Jaga Integritas dan Etika Politik

Seperti diketahui, berdasarkan Undang-Undang (UU) No.8/2016 tentang penyandang disabilitas, ragam penyandang disabilitas meliputi penyandang disabilitas fisik, disabilitas intelektual, disabilitas mental, disabilitas sensorik, dan disabilitas multi/ganda.

“Kegiatan UPSK yang dilaksanakan ini merupakan salah satu sarana pelayanan dan rehabilitasi sosial yang berfungsi memberikan layanan konsultasi, pemeriksaan kesehatan, rujukan bagi penyandang cacat atau penyandang disabilitas,” katanya.

Zulqoini mengatakan bahwa, pelaksanaan UPSK yang dipusatkan di Kabupaten Pesbar ini merupakan salah satu bentuk komitmen Pemerintah terhadap pelaksanaan penghormatan, perlindungan, dan pemenuhan hak penyandang disabilitas, yang ada di Kabupaten setempat. 

Karena itu, kegiatan UPSK ini tentunya sangat penting. 

BACA JUGA:Pengumuman Kelulusan PPPK di Lampung Barat Diundur, Cek Ini Alasannya!

Sehingga, diharapkan bisa terus didukung karena memberikan kepedulian dan pelayanan sosial keliling kepada penyandang disabilitas, khususnya di Kabupaten Pesbar.

“Pemkab Pesbar juga akan terus berupaya untuk melaksanakan penghormatan, perlindungan, dan pemenuhan hak penyandang disabilitas dengan berbagai program yang telah dilaksanakan,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Umum PKDL Riana Arinal mengatakan bahwa, kegiatan yang dilaksanakan ini mudah-mudahan dapat meningkatkan aksesibilitas dan pemenuhan kebutuhan dasar serta hak bagi penyandang disabilitas di Kabupaten Pesbar ini. 

Selain itu, dengan adanya bantuan yang diberikan ini diharapkan dapat dimanfaatkan dengan baik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: