Hanya 13 Peserta Existing Penuhi Syarat, Bawaslu Pesisir Barat Buka Pendaftaran Baru Panwascam

Hanya 13 Peserta Existing Penuhi Syarat, Bawaslu Pesisir Barat Buka Pendaftaran Baru Panwascam

Ketua Bawaslu Kabupaten Pesbar, Abd.Kodrat S, S.H, M.H.,--

PESBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID – Dari 33 orang Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwascam) Existing di Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar), terdapat 27 Panwascam yang telah mengikuti penilaian evaluasi kinerja untuk calon anggota Panwascam untuk Pilkada 2024, oleh Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Pesbar.

Tapi, dari hasil penilaian evaluasi kinerja terhadap peserta Existing itu, hanya 13 orang peserta Existing yang memenuhi syarat sebagai calon anggota Panwascam untuk Pilkada 2024, berdasarkan pengumuman nomor : 018/KP.01.00/K.LA-12/04/2024, tertanggal 2 Mei 2024.

Ketua Bawaslu Kabupaten Pesbar, Abd.Kodrat S, S.H, M.H., mengatakan, seperti diketahui perekrutan Panwascam Pilkada 2024 dilakukan dengan dua tahap sesuai dengan petunjuk teknis (Juknis) dari Bawaslu Republik Indonesia (RI).

Yakni dengan melakukan Existing terhadap Panwascam sebelumnya, dan dilakukan perekrutan baru untuk memenuhi kuota Panwascam yang Tidak Memenuhi Syarat (TMS).

BACA JUGA:Polres Pesisir Barat Gelar Sertijab Wakapolres, dan Dua Kabag

“Dari hasil penilaian evaluasi kinerja terhadap Panwascam Existing itu terdapat 13 peserta yang dinyatakan Memenuhi Syarat (MS),” katanya, Kamis 2 Mei 2024.

Sehingga, lanjutnya, bagi 13 peserta Existing yang memenuhi syarat itu dinyatakan lolos sebagai calon anggota Panwascam Pilkada 2024 yang selanjutnya akan ditetapkan dan dilantik bersamaan dengan hasil perekrutan untuk Panwascam baru. 

Sedangkan, untuk perekrutan Panwascam baru mulai dilaksanakan pada Jumat 3 Mei 2024, khususnya untuk memenuhi kebutuhan kuota terhadap Panwascam Existing yang TMS.

“Sedangkan, untuk Panwascam Existing yang TMS pada penilaian evaluasi kinerja itu terdapat 20 orang Panwascam. Karena itu, dalam perekrutan pendaftar Panwascam baru nanti untuk memenuhi kekurangan kuota 20 orang itu,” jelasnya.

BACA JUGA:BKN Terbitkan 335 NI PPPK di Lampung Barat

Masih kata dia, sesuai dengan tahapan bahwa untuk pengumuman dalam rekrutmen pendaftar baru calon anggota Panwascam itu dimulai 3-4 Mei 2024. 

Kemudian, penerimaan, penelitian dan verifikasi berkas administrasi calon anggota Panwascam itu dijadwalkan pada 5-7 Mei 2024. 

Sedangkan, untuk pengumuman hasil penelitian berkas administrasi calon anggota Panwascam pada 12 Mei 2024.

“Untuk pelaksanaan tes tertulis bagi peserta pendaftar baru dalam seleksi calon anggota Panwascam itu yakni pada 13-14 Mei 2024, dan pada 18-20 Mei 2024 dilaksanakan tes wawancara, serta pada 22 Mei 2024 pleno penetapan calon anggota Panwascam,” pungkasnya.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: