Diakhir Masa Jabatan, Peratin Kembahang Tetap Komitmen Lestarikan Seni Budaya

Diakhir Masa Jabatan, Peratin Kembahang Tetap Komitmen Lestarikan Seni Budaya

--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID – Pemerintahan Pekon Kembahang, Kecamatan Batubrak, Kabupaten Lampung Barat terus menunjukan komitmennya dalam menjaga kelestarian seni dan budaya Lampung. 

Hal itu terlihat dengan digelarnya kegiatan khataman dan latihan bersama seni budaya beharak yang digelar di penghujung masa jabatan Peratin Kembahang Donal Hentrisa, M.Kes., bersama Group Sai Batin pekon bertempat di gedung serba guna Pekon Kembahang yang diampu oleh Hendri Lunan dan dihadiri para tamu undangan grup andan mupakat Pekon Gunung Sugih Kecamatan Balikbukit, Rabu malam (16 November 2023).

Peratin Kembahang Donal Hentrisa mengatakan, kegiatan khataman dan latihan bersama seni budaya beharak itu dilaksanakan untuk menumbuh kembangkan dan melestarikan kearifan budaya lokal seni beharak Pekon kembahang.

Karena baginya, menjaga kelestarian seni budaya lampung merupakan salah satu komtimen dan program kerja pemerintah pekon dan berkat dukungan dan partispasi dari para tokoh adat dan masyarakat kini seni beharak tetap eksis ditengah masyarakat dan menjadi salah satu penunjang dalam berbagai prosesi acara terutama nayuh. 

BACA JUGA:Beraksi di Lampung Barat, Pelaku Curanmor Ditangkap di Bandar Lampung

“Bukan hanya seni budaya beharak, berbagai kesenian lain seperti nyambai dan orkes lampung, Alhamdulillah tetap eksis ditengah masyarakat,” ucap Donal.

Sehingga diakhir masa jabatannya, atas nama pribadi dan pemerintah pekon pihaknya menyampaikan apresiasi atas partisipasi dan konsistensi masyarakat dalam menekuni salah satu kesenian lampung tersebut. 

Dengan begitu, pihaknya berharap kelestarian kesenian silek lampung tetap eksis di tengah-tengah masyarakat.

“Melalui kegiatan ini juga di harapkan dapat memotivasi generasi muda agar dapat mencintai kesenian lampung sebagai warisan leluhur, sehingga keberadaannya tetap eksis dan tidak tergerus oleh zaman,” harapnya.

BACA JUGA:Sopir Mengantuk, Truk Kontainer Muatan Kulit Kopi Tergelincir

Selanjutnya ia juga memberikan apresiasi kepada pelaku seni Lampung yang tergabung dalam group sai batin pekon atas upayanya mendukung kelestarian seni budaya asli Lampung di wilayah tersebut.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: