Bakesbangpol Lampung Barat Gelar Pendidikan Bela Negara

Bakesbangpol Lampung Barat Gelar Pendidikan Bela Negara

--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Kabupaten Lampung Barat menggelar kegiatan pendidikan bela negara di Balai Pekon Giham Sukamaju, Kecamatan Sekincau, Rabu 14 Juni 2023.

Dalam sambutannya, Kepala Bakesbangpol Burlianto Eka Putra, S.H mengungkapkan bahwa pihaknya mendukung adanya pelatihan bela negara yang mengambil tema ”Pembinaan Pekon Bersih Narkoba Salah Satu Wujud Bela Negara” sangat penting memberdayakan pekon.

Sebab untuk membangun negara dan mendukung pembangunan yang berkelanjutan mesti dimulai dari kawasan terkecil yakni tingkat desa.

Hal ini seperti tertuang dalam program prioritas pembangunan nasional yaitu pembangunan Indonesia dari pinggiran dengan memperkuat daerah daerah dan desa dalam rangka negara Kesatuan Republik Indonesia. 

BACA JUGA:Ciptakan Barista dan Cook yang Kompeten dan Berdaya Saing, LSP PHN Gelar Sertifikasi Kompetensi

“Saya melihat pemilihan peserta pelatihan ini juga tepat karena pengambilan peserta yang mewakili setiap unsur pekon akan dapat mengobarkan semangat juang masyarakat, supaya sadar akan bahaya dari penyalahgunaan narkoba. Seluruh masyarakat dan perangkat pekon dapat membangun komitmen bersama, memanfaatkan kekuatan dan peluang dari tingkat pekon untuk membentuk masyarakat desa yang sehat, cerdas dan produktif,” kata dia.

Masih kata dia, akan halnya pemilihan lokasi Pekon Bersinar, Kecamatan Sekincau dan Pekon Giham Sukamaju patut berbangga karena menjadi lokus program Desa Bersinar Indonesia di Lampung Barat.

“Oleh karena itu, kepada peratin mari kita bersama dengan BNNK Tanggamus dan seluruh stakeholder dalam menangani persoalan narkoba. Sisihkan APBPekon dalam bentuk kegiatan yang membuat kelompok rentan seperti remaja agar tidak punya waktu kosong sehingga tidak terpapar dari narkoba. Perbanyak kegiatan olahraga, pelatihan, kewirausahaan sehingga mereka ada kesibukan yang bisa ditekuni,” tegasnya.

“Silahkan bersinergi dengan Lembaga Lembaga Desa dan organisasi kepemudaan, siapkan pembiayaan. Ini adalah gambaran yang bis akita lakukan dalam upaya nyata menjadikan Pekon Giham Sukamaju sebagai Pekon Bersinar (Bersih Narkoba),” sambungnya.

BACA JUGA:Info Loker Terbaru! Kemenko Bidang Perekonomian Cari Tenaga Teknis Desain Grafis

Sementara itu, Kabid Ideologi Kebangsaan Sumarlin dalam laporannya mengatakan, maksud dilaksanakannya kegiatan pendidikan bela negara adalah untuk mengajak peserta agar meningkatkan pemahaman dan kesadaran bela negara demi tegaknya Negara Kesatuan Republik Indonesia.

terbentuknya Pekon Bersih Narkoba di Lampung Barat serta mengobarkan semangat juang masyarakat supaya sadar akan bahaya dari penyalahgunaan narkoba. 

“Peserta pelatihan berjumlah 40 orang yang terdiri dari Aparatur Kecamatan Sekincau, Aparatur Puskesmas Sekincau, pelajar SMA Sekincau, Aparatur Pekon Giham Sukamaju, Tokoh Pemuda, Tokoh Adat, Tokoh Agama serta kader kader pekon dan pendamping desa,” tutupnya. *

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: