Ciptakan Barista dan Cook yang Kompeten dan Berdaya Saing, LSP PHN Gelar Sertifikasi Kompetensi

Ciptakan Barista dan Cook yang Kompeten dan Berdaya Saing, LSP PHN Gelar Sertifikasi Kompetensi

--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Pemkab Lampung Barat dalam hal ini Dinas Perkebunan dan Peternakan (Disbunnak) dan Dinas Ketahanan Pangan (DKP) bekerjasama dengan Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Pariwisata Hospitality Nasional, Bandar Lampung menggelar Sertifikasi kompetensi barista dan cook tahun 2023.

Kegiatan itu, diikuti oleh 75 orang peserta, dipusatkan di Sekolah Kopi, Pekon Sukajaya, Kecamatan Sumberjaya, Rabu 14 Juni 2023.

Sertifikasi kompetensi tersebut dibuka oleh Kabid Sarana Prasarana dan Penyuluhan pada Dinas Perkebunan dan Peternakan (Disbunnak) Lampung Barat Purdiastuti mewakili Kepala Disbunnak Yudha Setiawan.

Dalam sambutannya, Purdiastuti mengatakan, komoditas kopi memiliki peranan penting dalam perekonomian Kabupaten Lampung Barat.

BACA JUGA:Pekon di Lampung Barat Diimbau Ajukan Pencairan ADP Triwulan II

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) memperlihatkan sebagian besar mata pencaharian masyarakat Lampung Barat adalah sebagai pekebun kopi dan komoditas kopi juga berperan sebagai penyumbang PDRB Lampung Barat. 

"Kebun induk kopi milik Dinas Perkebunan dengan adanya inisiasi dari Bupati Lampung Barat didirikan Sekolah Kopi dalam rangka mendorong komoditas kopi menjadi sumber PDRB  melalui hilirisasi komoditas kopi," ujarnya.

Kemudian, Hilirisasi yang diupayakan antara lain industri pengolah kopi, perdagangan kopi, serta dalam rangka memacu ekonomi kreatif yaitu sebagai  pendukung industri pariwisata. 

"Perkembangan  industri usaha kecil dan menengah komoditas kopi terlihat meningkatnya kunjungan ke Sekolah Kopi dan juga  makin banyaknya  berdiri kedai-kedai kopi di Lampung Barat," lanjut Purdiastuti.

BACA JUGA:Info Loker Terbaru! Kemenko Bidang Perekonomian Cari Tenaga Teknis Desain Grafis

Menurutnya, salah satu jasa usaha yang berkaitan dengan industri komoditas kopi adalah jasa sektor minuman dan makanan dan profesi. Sertifikat kompetensi bisa diperoleh melalui uji kompetensi yang dilakukan oleh Lembaga yang resmi.

"Untuk itu kami menyambut baik kegiatan Sertifikasi kompetensi yang dilakukan oleh LSP Pariwisata Hospitality Nasional Bandar Lampung. Informasi dari pihak LSP pada hari ini selain diadakan uji kompetensi bagi profesi Barista dan juga bagi profesi Cook dengan jumlah peserta 50 orang Barista dan 25 orang Cook," bebernya.

"Kami selaku perwakilan pemerintah daerah Lampung Barat  mengucapkan terima kasih atas diselenggarakannya uji kompetensi oleh LSP Pariwisata Hospitality Nasional secara gratis. Harapan kita bahwa melalui kegiatan ini diharapkan mampu untuk meningkatkan kompetensi dan daya saing profesi," pungkasnya.*

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: