Festival Kuliner Bertajuk Sekala Bekhak Foodies akan Jadi Rangkaian Awal FBSB Ke-9

Festival Kuliner Bertajuk Sekala Bekhak Foodies akan Jadi Rangkaian Awal FBSB Ke-9

--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Pemkab Lambar melalui Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) akan menggelar Festival Kuliner bertajuk "Sekala Bekhak Foodies" yang merupakan rangkaian dari penyelenggaraan kegiatan Karisma Event Nusantara (KEN) Festival Budaya Sekala Bekhak Ke-9 tahun 2023.

Kabid Pemasaran Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Disporapar Kabupaten Lambar Endang Guntoro, S.H, M.M mendampingi Kepala Disporapar Drs. Dahlin, M.Pd mengungkapkan, Festival Budaya Sekala Bekhak (FBSB) ke-9 tahun 2023 adalah tahun ke-3 terpilih masuk dalam program Karisma Event Nusantara (calender of event) nasional.

FBSB terpilih dari ribuan event di nusantara dan masuk dalam 110 event hasil kurasi dari dewan kurator sebagai event yang direkomendasikan oleh Kemenparekraf RI yang sangat layak untuk dikunjungi.  

"Festival Budaya Sekala Bekhak (FBSB) dari tahun 2021 masuk dalam program tersebut perwakilan dari Provinsi Lampung, tahun ini hanya ada 2 event festival dari Lampung yang masuk KEN dan berjejer dengan event-event besar di nusantara, Festival Budaya Sekala Bekhak dari Lampung Barat dan Tubaba Art Festival dari Tulang Bawang Barat," ungkap Endang, Jumat (26/5/2023).

BACA JUGA:Tidak Percaya Diri karena Bau Mulut? Ini 7 Langkah Mengatasinya

Dijelaskannya, program KEN 2023 diluncurkan oleh Presiden Republik Indonesia (RI) Ir. Joko Widodo pada Februari 2023 yang lalu.

Dalam upaya pemulihan ekonomi pasca pandemi, kita meyakini sektor Ekraf dan UMKM bisa menjadi pendongkrak pemulihan ekonomi di Bumi Sekala Bekhak. 

"Untuk itu kita memberikan ruang besar kepada para penggiat UMKM dan Ekraf salah satunya di sektor kuliner, melalui festival kuliner "Sekala Bekhak Foodies" kita berharap ada perputaran ekonomi di sana, akan digelar mulai tanggal 14 hingga 20 Juni 2023 mendahului dari penyelenggaraan inti dari FBSB Ke-9 yaitu tanggal 18-20 Juni 2023, bertempat di Lamban Budaya Pancasila," ujar dia.

"Seperti yang kita tahu bahwa Festival Budaya Sekala Bekhak dan segala jenis gelaran event festival di Lampung Barat pada Tahun Anggaran 2023 tidak bisa didukung pendanaan dari APBD Kabupaten Lampung Barat mengingat keterbatasan APBD di tahun anggaran ini, namun kami berupaya menggandeng pihak-pihak sponsor untuk bersama menyelenggarakan gelaran core event ini, karena untuk masuk dalam program KEN sangat-sangat sulit dan tidak mudah, karena kita harus mengalahkan ribuan event di nusantara, jika kita berhenti dan tidak kita gelar di tahun ini, maka predikat yang berhasil kita raih masuk dalam event nasional selama 3 tahun ini akan hilang, untuk itu gelaran festival ini walaupun sederhana tetap akan kita gelar tentunya dengan dukungan dari sponsorship," sambungnya.

BACA JUGA:Terus Naik, Segini Harga Kopi di Pesisir Barat

Lebih jauh Endang mengatakan, untuk festival kuliner akan didukung penuh oleh Teh Pucuk sebagai penyedia stand booth dan akan dikelola oleh teman-teman dari Lampung Barat Creative Hub serta akan diisi oleh UMKM binaan dari Dinas Koperasi UKM Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag), sebuah bentuk Kolaborasi yang semoga akan menjadi titik berangkat dari hidupnya pergerakan ekonomi penggiat UMKM dan Ekraf di seputaran Lamban Budaya Pancasila. 

Pihaknya berharap para pelaku UMKM dan Ekraf tetap akan menjadikan area Lamban Budaya Pancasila sebagai pusat kuliner nantinya, dan diakhir pekan (weekend) para pelaku ekraf lainnya akan mengadakan gelaran seperti Seni Pertunjukan Tari dan Musik, Orkes Gambus, Nyambai, Band, Akustik, Teater dan lainnya, sehingga akan menjadi pusat tempat berekspresi, berkreasi dan sekaligus tempat menyalurkan bakat serta hobi, lebih dari itu akan menjadi sumber pendapatan dari para pelaku UMKM dan Ekraf di Bumi Sekala Bekhak,

"Semoga ini akan bisa kita wujudkan tentunya dengan kolaborasi antara Pemerintah, Dunia Usaha (Bisnis), Komunitas, Akademisi dan tentu saja dukungan dari Media sebagai unsur dari Pentahelix," harapnya.

Menurut Endang, Festival Budaya Sekala Bekhak Ke-9 Tahun 2023 akan digelar di area Lamban Budaya Pancasila tanggal 18 - 20 Juni 2023, digelar secara sederhana namun tetap bermakna dalam.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: