Terus Naik, Segini Harga Kopi di Pesisir Barat

Terus Naik, Segini Harga Kopi di Pesisir Barat

Ilustrasi Kopi-freepik.com-

PESBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar), mencatat harga jual kopi ditingkatkan petani mengalami kenaikan selama musim panen tahun 2023 di kabupaten setempat.

Kabid Perkebunan, Zulfikardo mendampingi Kadis KPP Pesbar, Unzi, S.P., mengatakan, selama musim panen tahun 2023 harga jual kopi di tingkat petani mengalami kenaikan yang cukup signifikan.

“Harga jual kopi di tingkat petani sekarang berkisar antara Rp27 ribu/kilogram hingga Rp30 ribu/kilogram, harga itu jauh meningkat jika dibandingkan tahun lalu dengan harga maksimal Rp20 ribu/kilogram,” kata dia.

BACA JUGA:Soal Berkas Pengajuan ke KPU Pesbar, Banyak Bacaleg Diduga Tidak Jujur

Dijelaskannya, kenaikan harga jual kopi di tingkat petani sudah terlihat sejak awal tahun lalu, dimana harganya mengalami kenaikan dari tahun lalu. Awal tahun harga jual kopi sebesar Rp23 ribu/kilogram.

“Kenaikan harga kopi itu dipicu karena permintaan yang meningkat dari distributor. Meningkatnya permintaan itu tidak dibarengi dengan hasil panen yang  maksimal bahkan cenderung turun dari tahun lalu,” jelasnya.

Menurutnya, meski harga jual kopi ditingkat petani mengalami kenaikan, tapi hasil panen petani mengalami penurunan. Penurunan produktivitas buah kopi itu merata di seluruh wilayah di kabupaten setempat.

BACA JUGA:Resep Ayam Bakar Sederhana Akhir Bulan Buat Anak Kos Yang Lagi Buntu

“Terdapat sejumlah wilayah perkebunan kopi di kabupaten ini, mulai dari Kecamatan Lemong, Pesisir Utara, Ngambur, Ngaras hingga Bangkunat. Secara keseluruhan hasil panen tahun ini mengalami penurunan,” terangnya.

Ditambahkannya, meski kenaikan harga kopi tidak dibarengi dengan meningkatnya hasil panen, diharapkan mampu meningkatkan kesejahteraan para petani. 

“Kami berharap meningkatnya harga jual kopi ini bisa terus berlangsung bahkan bertahan di harga yang tinggi demi kesejahteraan petani,” pungkasnya.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: