Bahas Berbagai Layanan Kesehatan, UPT Puskesmas Lumbok Seminung Gelar Lokmin

Bahas Berbagai Layanan Kesehatan, UPT Puskesmas Lumbok Seminung Gelar Lokmin

--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Sesuai dengan Peraturan Menteri Kesehatan (Permenkes) Nomor 43 Tahun 2019 Puskesmas merupakan fasilitas pelayanan kesehatan tingkat pertama di kecamatan yang menyelenggarakan upaya kesehatan masyarakat di luar gedung dan upaya kesehatan perorangan (dalam gedung) dengan mengutamakan upaya promotif, preventif, kuratif, dan rehabilitatif.

Dalam fungsi manajemen Puskesmas memiliki kegiatan, perencanaan (P1), pelaksanaan dan pengendalian(P2), pengawasan dan pertanggung jawaban (P3). 

BACA JUGA:DTPH Lambar akan Adakan Sekolah Lapang Bagi Petani Hortikultura

Sehingga Dalam fungsi manajemen Puskesmas setiap triwulan melaksanakan kegiatan lokakarya mini lintas sektoral seperti yang digelar UPT Puskesmas Lumbok Seminung bersama unsur lintas sektoral Kecamatan Lumbok Seminung bertempat di aula puskesmas setempat, Kamis (25/5/2023).

Lokmin itu hadiri seluruh unsur lintas sektoral dihadiri seluruh unsur pimpinan kecamatan, lembaga pendidikan, KUA, bidan desa, para peratin beserta jajaran aparat pekon, serta para masyarakat. 

BACA JUGA:Tak Kuasa Menahan Air Mata, Rombongan Biksu Thailand Disambut Meriah Warga Tegal

Kepala UPT Puskesmas Lumbok Seminung Mahdalena, S.K.M, mengatakan lokakarya mini lintas sektoral menjadi agenda rutin yang dilaksanakan puskesmas dalam rangka menggalang kerjasama tim baik lintas program maupun lintas sektoral dalam menjalankan program pelayanan kesehatan.

“Sehingga ini menjadi sarana untuk membahas berbagai masalah kesehatan yang menjadi prioritas pemerintah. Oleh karena itu, kita berharap melalui lokmin linsek ini dapat tergalang kerjasama tim guna mengatasi berbagai masalah kesehatan,” harapnya.

BACA JUGA:Perbaiki Kerusakan Jalan Nasional, BPJN Tambal Sulam Ruas Liwa-Batu Brak

Mahdalena mengatakan beberapa program yang dibahas meliputi upaya kesehatan masyarakat (UKM), Upaya Kesehatan Perorangan (UKP), pelayanan kesehatan di puskesmas, sarana prasarana, serta menggalang dukungan lintas sektoral tentang program dan pelayanan utamanya tentang masalah kesehatan seperti stunting, germas dan lainnya.

“Kegiatan diharapkan dapat meningkatkan kerjasama tim dalam memantau cakupan pelayan, terutama pencapaian SPM kesehatan dan program prioritas kemenkes serta meningkatkan peran serta masyarakat menggalang komitmen bersama untuk mensukseskan seluruh program kerja puskesmas,” pungkasnya.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: