Gelar Lokmin, Puskesmas Batu Kebayan Fokus Bahas Stunting, ANC dan Kasus TBC

Gelar Lokmin, Puskesmas Batu Kebayan Fokus Bahas Stunting, ANC dan Kasus TBC

--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - UPT Puskesmas Batu Kebayan, Kecamatan Batu Ketulis, Kabupaten Lampung Barat menggelar Lokakarya Mini Lintas Sektor Triwulan I tahun 2024 di Aula Puskesmas setempat, Selasa 27 Februari 2024. 

Kepala UPT Puskesmas Batu Kebayan Sarwo Edi Wahono, S.K.M, mengatakan lokmin tersebut memfokuskan pembahasan pada tiga hal, yaitu berkaitan dengan Program Puskesmas, mulai dari pencegahan dan penanggulangan stunting, pelayanan Antenatal Care (ANC) atau program pemeriksaan kesehatan secara berkala bagi ibu hamil serta Gerakan Eliminasi Tuntaskan Tuberkulosis (TBC).

“Kita dari Puskesmas tentu tidak bisa kerja sendiri, sehingga butuh peran dari semua pihak di Kecamatan Batu Ketulis serta dukungan dari masyarakat. Sehingga berkaitan dengan tiga fokus itu, kami mengharapkan tergalangnya kerjasama dari semua pihak,” ucap Sarwo.  

Pentingnya kerjasama itu, lanjut Sarwo, terutama dalam memaksimalkan pencegahan dan penanggulangan baik dalam kasus stunting maupun kasus penyakit TBC yang sedang menjadi fokus pemerintah saat ini.

BACA JUGA:Dinas Perikanan Pesisir Barat Serahkan Kartu Kusuka

BACA JUGA:Waspada! Kasus DBD di Pesisir Barat Meningkat

Dukungan yang penting untuk dilakukan ialah meningkatkan pemahaman masyarakat tentang upaya-upaya pencegahan yang bisa dilakukan, seperti halnya stunting salah satunya upaya pencegahan yang dapat dilakukan yakni menginformasikan program ANC atau pemeriksaan kondisi kehamilan yang dapat dilakukan secara berkala selama 6 kali dan USG 2 kali yang memang telah diprogramkan secara gratis oleh puskesmas setempat.

“Jadi upaya percepatan penurunan stunting serta upaya pencegahan dan penanggulangan TBC di Kecamatan Batu Ketulis ini perlu keterlibatan kita semua, minimal kita dapat menginformasikan kepada masyarakat tentang langkah-langkah pencegahan yang bisa dilakukan,” tandasnya.*

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: