Kuota Calon Jemaah Haji Kabupaten Lampung Barat Kemungkinan Bertambah

Kuota Calon Jemaah Haji Kabupaten Lampung Barat Kemungkinan Bertambah

Kasi Penyelenggara Haji dan Umroh Kemenag Lambar, Drs Firdaus Sablie--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Kementrian Agama (Kemenag) RI telah mengumumkan resmi bahwa Indonesia mendapat tambahan kuota haji sebanyak 8.000 orang.  

Penambahan kuota untuk tahun 2023 itu telah masuk dalam sistem aplikasi pemvisaan pemerintah Arab Saudi atau e-Hajj. 

Terkait adanya penambahan kuota tersebut, kemungkinan besar kuota calon jemaah haji (CJH) di kabupaten Lampung Barat juga akan bertambah. 

Demikian disampaikan Kasi Penyelenggara Haji dan Umroh Kantor Kemenag Lambar, Drs Firdaus Sablie, Senin (8/5/2023).

BACA JUGA:Salurkan BLT DD Tahap Pertama, Ini Pesan Peratin Lombok Selatan

Firdaus mengatakan kendati sampai saat ini pihaknya belum mendapat informasi pasti mengenai data penambahan kuota jemaah haji tersebut, namun menurutnya jika penambahan itu terealisasi maka besar kemungkinan kuota di lambar juga akan bertambah.

“Besar kemungkinan untuk kuota di Lambar juga bertambah. Tapi untuk pastinya kita tunggu dulu informasi dari Kemenag RI, semoga ada penambahan sehingga bagi yang tertunda bisa berangkat tahun ini,” ujarnya.

Lebih lanjut ia mengatakan, jika nantinya ada penambahan pihak akan segera mengkonfirmasi para CJH yang masuk daftar tunggu untuk segera melakukan pelunasan  Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji dan melengkapi berkas.

“Yang jelas kalau ada penambahan nanti segera kami informasikan ke CJH, apakah yang bersangkutan siap melunasi BPIH, selanjutnya membuat paspor, pemvisaan, pemeriksaan kesehatan, dan melengkapi berkas lainnya,” imbuhnya.

BACA JUGA:Indonesia Mendapat Tambahan 8.000 Kuota Haji

Seperti diketahui, sebelumnya Menteri Agama Republik Indonesia Yaqut Cholil Qoumas menyampaikan bahwa Indonesia mendapat tambahan kuota haji sebanyak 8.000 orang. 

Penambahan kuota untuk tahun 2023 itu telah masuk dalam sistem aplikasi pemvisaan pemerintah Arab Saudi atau e-Hajj. 

Kendati begitu pihaknya masih menunggu surat resmi dari pemerintah Arab Saudi soal penambahan kuota haji itu untuk kemudian dibahas bersama DPR RI. 

Menteri Yaqut menyatakan bahwa kuota tambahan tersebut terkonfirmasi Minggu, 7 Mei 2023. Kementerian Agama juga akan melakukan komunikasi secara intensif kepada banyak pihak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: