Perusahan Sawit PT. HBA Diduga Rambah Kawasan HL, Sulit Tersentuh Hukum?

Perusahan Sawit PT. HBA Diduga Rambah Kawasan HL, Sulit Tersentuh Hukum?

--

BACA JUGA:Wagub Nunik Dampingi MenPAN RB Resmikan Mall Pelayanan Publik di Lamteng

Bahkan ia mengatakan, bahwa PT. HBA memiliki dua perusahaan, yang mana salah satunya masuk ke arah Dusun Teluk Dalam, Desa Sungai Samak dan Dusun Teluk Dalam, Kecamatan Badau, Kabupaten Belitung.

Menurut keterangan Satpam yang menjaga di Perusahaan tersebut, papan nama tersebut sebelumnya sempat terpasang namun rusak diterpa angin. Berbeda dengan Iing ia mengatakan papan nama sempat dipasang namun dirusak dan dibuang orang. 

Disinggung berapa luas perkebunan yang dimiliki PT. HBA, dirinya tak dapat memberi jawaban dikarenakan perintah atasan. Bahkan dia menyebutkan perusahaan tak pernah menanam perkebunan sawit, namun membeli perkebunan yang sudah siap. 

"Kami tidak menanam tapi beli Perkebunan yang sudah jadi, sedangkan berapa luas Perkebunan, saya tidak berani jawab karena perintah Bos jangan sembarangan bicara," jelasnya. 

BACA JUGA:Dua Kampung di Kecamatan Negeri Agung Tetapkan Penerima BLT-DD Tahun 2023

Lanjut Iing, saat ini dirinya dan Perusahaan PT. HBA sedang berupaya melakukan pembebasan lahan tersebut, sesuai dengan Undang-Undang Cipta Kerja. 

"Kami sudah mengurus dan mengupayakan pembebasan lahan ini hingga tingkat Kementerian," jelasnya. 

Iing juga katakan, beberapa hari yang lalu pihak kehutanan sempat berdatang ke PT. HBA dan mengetahui hal tersebut. 

"Baru kemarin rombongan dari Dinas Kehutanan UPT Provinsi Babel, Pak Bambang kelokasi," ucapnya. 

BACA JUGA:80 Pejabat Pemkab Pesbar Telah Sampaikan Laporan LHKPN

Sempat ditertibkan oleh Polda Babel bahkan salah satu poin SP3 mengatakan PT. HBA di Stop atau belum boleh Aktif Beroperasi. 

Bahkan diduga PT. HBA kini melakukan penanaman pohon baru. 

"Untuk penanaman baru itu di luar kawasan. Kalian boleh cek ke lokasi, Perkebunan Sawit yang baru tersebut bukan atas nama Perusahaan tapi pribadi," tegasnya.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: