Calon Peserta Sukarelawan Pertolongan Bencana Lampung Ikut Pelatihan Potensi SAR

Calon Peserta Sukarelawan Pertolongan Bencana Lampung Ikut Pelatihan Potensi SAR

--

MEDIALAMPUNG.CO.ID - Sebanyak 50 peserta calon sukarelawan pertolongan bencana mengikuti pelatihan potensi Search And Rescue (SAR) di Gedung Pramuka Provinsi Lampung, Kamis (26/1).

Pelatihan potensi SAR akan berlangsung selama enam hari, dari tanggal 26 hingga 31 Januari 2023.

Kepala Kantor Basarnas Lampung Deden Ridwansyah mengatakan tujuan utama dilaksanakan kegiatan pelatihan potensi SAR untuk memberikan pembekalan kepada peserta sukarelawan, sehingga mereka dapat memahami pada saat melakukan pelaksanaan pencarian pada saat bencana.

BACA JUGA:Kerap Resahkan Warga, Polsek Telukbetung Timur Evakuasi Dua ODGJ

BACA JUGA:Kapolda Lampung Ajak Masyarakat Unduh Aplikasi Polri Super App Presisi

Menurutnya, untuk melakukan tugas tersebut diperlukan sumber daya manusia atau SDM profesional yang mempunyai kemampuan sesuai dengan kompetensi masing-masing.

"Semoga diadakannya pelatihan ini para sukarelawan mampu mengembangkan kelebihannya, sehingga mampu menjadi pribadi yang handal," ungkapnya. 

Anggota Komisi V DPRD Provinsi Lampung Deni Ribowo menilai  bahwa banyak wilayah yang memiliki potensi bencana alam.

BACA JUGA:Kemenag Pesbar Minta PPG Guru PAI Diprioritaskan

BACA JUGA:KPU Pesbar Mulai Buka Pendaftaran Pantarlih

Dia mencontohkan tempat yang berpotensi bencana seperti gunung anak krakatau (GAK) dan bendungan Batu Tegi yang potensi bencananya tinggi.

"Apakah Lampung siap? Kalau bendungannya jebol bagaimana? Jika hanya mengandalkan 60 personel dari basarnas yang ada, saya pikir tidak akan bisa menyelesaikan atau mengantisipasi bencana alam," ujarnya.

Namun, adanya pemuda yang yang tengah mengikuti pelatihan ini jika masyarakat membutuhkan pertolongan maka akan cepat ditangani.

BACA JUGA:Rutan Krui Gelar Lomba Buka Tutup Kunci Gembok

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: