Rekomendasi Komisi I ke Banang, Minta Pilratin Serentak Tetap Digelar di 2023

Rekomendasi Komisi I ke Banang, Minta Pilratin Serentak Tetap Digelar di 2023

--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Komisi I DPRD Lampung Barat memberikan rekomendasi kepada Badan Anggaran (Banang) DPRD dalam pembahasan Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Lambar tahun anggaran 2023 agar pemilihan Peratin (Pilratin) serentak di 60 Pekon yang masa jabatan Peratin definitif yang segera habis untuk dilaksanakan Pemilihan Peratin (Pilratin) serentak di 2023.

Rekomendasi Komisi I tersebut dibacakan oleh Wakil Ketua Banang Hi. Sutikno pada rapat pembahasan RAPBD Lambar 2023 bersama Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) di ruang sidang Marghasana DPRD setempat, Selasa (15/11/2022).

"Berdasarkan rekomendasi Komisi untuk Badan Anggaran meminta agar pelaksanaan Pilratin serentak tetap digelar di tahun 2023 mendatang," ungkap Sutikno.

Dilain pihak, Kabid Pemerintahan Pekon pada Dinas Pemberdayaan Masyarakat Pekon (DPMP) Lambar Fauzan Ariadi, S.E, M.M., mengungkapkan, sebanyak 55 peratin di 60 pekon yang ada di Lambar, masa jabatannya akan berakhir pada 2023 mendatang.

BACA JUGA:Tender Diduga Tidak Transparan, Lelang Senilai Rp4,4 Miliar Disanggah

Sementara itu lima pekon lainnya, saat ini dijabat oleh penjabat (Pj) peratin dalam menjalankan roda pemerintahan peratin definitive sebelumnya hingga 2023.

Terkait akan berakhirnya masa jabatan 55 peratin definitif dan juga lima Pj peratin tersebut, belum ada kepastian apakah pelaksanaan pemilihan peratin (Pilratin) serentak di 60 pekon tersebut akan dilaksanakan di tahun 2023 mendatang atau dilakukan penundaan, mengingat akan menjelang Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

”Kami masih menunggu surat edaran pusat terkait dengan apakah akan dilaksanakan Pilratin serentak atau ditunda, jika sudah ada kepastian tentunya akan langsung ditindaklanjuti dengan dilakukan pembahasan di tingkat pemerintah daerah,” ungkap Fauzan Apriadi, mendampingi Kepala DPMP Lambar Drs. Syaekhuddin, MM.

Fauzan menjelaskan, pekon yang seyogyanya melaksanakan Pilratin serentak di 2023 mendatang tersebar di 15 kecamatan, yakni di Kecamatan Balikbukit terdiri dari Pekon Sukarame dan Bahway, kecamatan Sumberjaya satu pekon yakni Pekon Simpangsari, kemudian Kecamatan Belalau lima pekon yakni Pekon Bumi Agung, Turgak, Hujung, Sukamakmur dan Pajaragung.

BACA JUGA:Peduli Korban Banjir, RSIA Bunda-Tim GLD Salurkan Puluhan Paket Sembako

Selanjutnya, di Kecamatan Waytenong terdiri dari tiga pekon yakni Pekon Puralaksana, Sukananti dan Sukaraja, Kecamatan Sekincau dua pekon yakni Pekon Pampangan dan Giham Sukamaju, Kecamatan Suoh dua pekon yakni Pekon Sidorejo dan Ringinsari.

”Lalu Kecamatan Batubrak, terdiri dari tiga pekon yakni Pekon Kembahang, Pekon Canggu dan Pekon Kotabesi, Kecamatan Sukau tujuh pekon yakni Pekon Hanakau, Buay Nyerupa, Pagardewa, Sukamulya, Bandar Baru, Bumi Jaya dan Teba Pering. Kecamatan Gedungsurian dua pekon yakni Pekon Gedungsurian dan Trimulyo,” bebernya.

Kemudian, Kecamatan Kebuntebu ada lima pekon yakni Pekon Tribudisyukur, Tugu Mulya, Cipta Mulya, Muara Baru dan Sinar Luas. Kecamatan Airhitam tujuh pekon, yakni Pekon Sidodadi, Gunung Terang, Sukajadi, Sinarjaya, Rigis Jaya, Suka Damai dan Manggarai. Kecamatan Pagardewa lima pekon yakni Pekon Mekar Sari, Marga Jaya, Batu Api, Pagardewa dan Suka Mulya.

”Kecamatan Batuketulis ada lima pekon yakni Pekon Bakhu, Way Ngison, Kubu Liku Jaya, Sumber Rejo dan Atar Kuwau. Kecamatan Lumbokseminung, delapan pekon yakni Lombok, Sukabanjar II Ujung Rembun, Suka Maju, Keagungan, Tawan Sukamulya, Pancur Mas dan Lombok Selatan, untuk kecamatan Bandarnegeri Suoh ada tiga pekon yakni Pekon Tanjung Sari, Pekon Negeri Jaya dan Tembelang,” pungkasnya. (nop/mlo)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: