Pilratin di Lambar Diharapkan Terlaksana Tahun Ini

Pilratin di Lambar Diharapkan Terlaksana Tahun Ini

Ilustrasi--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Sebanyak 61 pekon di Kabupaten Lampung Barat masa jabatan peratin definitif berakhir November mendatang. 

Namun terkait kabar ditundanya Pemilihan Peratin (Pilratin) yang dihembuskan akan dilaksanakan 2025 setelah Pemilu Presiden, menuai banyak tanggapan khususnya dari para peratin yang akan segera purna tugas dengan meminta pesta demokrasi tingkat pekon tersebut untuk di helat tahun ini. 

Seperti Peratin Marga Jaya, Kecamatan Pagar Dewa, Heryadi Arnando, mengatakan pemerintahan pekon merupakan salah satu garda terdepan pemerintah. Hal itu karena dalam peran berhubungan langsung dengan masyarakat dengan beragam kriteria. 

BACA JUGA:Aparatur Pekon Trimulyo Sosialisasikan Program Ketahanan Pangan

Artinya dengan begitu dibutuhkan kepemimpinan yang benar-benar memahami kondisi wilayah dari semua aspek dan kultur. Sehingga jika pilratin dilaksanakan 2025. 

Artinya sebanyak 61 pekon akan dipimpin Penjabat (Pj) selama kurang lebih dua tahun, yang jabatannya berstatus Aparatur Sipil Negara (ASN) yang dikatakan pegawai kecamatan. 

"Oke secara administrasi Pj memahami tentang Petunjuk Pelaksanaan Dan Petunjuk Teknis (Juklak Juknis). Namun jabatan peratin merupakan jabatan yang notabennya terpilih secara pemilihan artinya banyak unsur yang perlu dikuasai, atau lebih mendasar dipahami," imbuhnya. 

BACA JUGA:Petugas BPS Lambar Rakor FKP Regsosek 2023 Pekon Puramekar

Begitu juga di ungkap beberapa peratin lainnya, dengan terlalu lamanya Pj dikhawatirkan akan berdampak pada program yang memang telah tersusun. 

Sehingga banyak peratin yang akan purna tugas mendesak pemerintah dapat melangsungkan pilratin tahun ini, karena mayoritas pekon telah menganggarkan dana untuk pelaksanaan pilratin.

Dimana sebagai bentuk kesiapan jika dilaksanakan pilratin pekon, pihak pekon memang telah menganggarkan dana pilratin melalui Dana Desa (DD). Artinya dengan begitu untuk pelaksanaan pilratin tidak ada kendala di pekon. 

BACA JUGA:Temui Husein Ali, Kang Emil Upayakan Opsi Jadi Guru SMA

Bahkan seperti di Kecamatan Pagar Dewa Lima pekon yang jabatan peratin nya akan berkahir November mendatang telah siap jika dilaksanakannya pilratin tahun ini. Dan berharap bisa direalisasikan pelaksanaannya. 

Sementara dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) untuk kabupaten yang akan melaksanakan pilratin 2023 untuk dilaksanakan dibawah Oktober. Artinya Kabupaten Lambar masih memiliki waktu kurang lebih lima bulan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: