Cegah Banjir, Pekon Bangun Negara Gotong Royong Bersihkan Drainase

Cegah Banjir, Pekon Bangun Negara Gotong Royong Bersihkan Drainase

--

PESBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Sebagai upaya untuk mencegah terjadi banjir di pemukiman warga, Peratin bersama masyarakat dan aparatur Pekon Bangun Negara Kecamatan Pesisir Selatan, Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar) melaksanakan gotong royong membersihkan saluran drainase pembuangan air dari pemukiman warga di Pekon setempat, Minggu (30/10).

Peratin Pekon Bangun Negara, Ahmad Kahpi, mengatakan, kegiatan gotong royong itu salah satunya untuk meminimalisir terjadinya banjir di pemukiman warga, mengingat intensitas hujan saat ini masih cukup tinggi. 

Dikhawatirkan terjadi banyak genangan air di pemukiman warga yang akan berdampak terhadap kesehatan warga setempat.

“Banyaknya genangan air di pemukiman warga itu rentan menyebabkan terjadinya perkembangbiakan nyamuk. Karena itu harus bersama-sama mencegahnya,” katanya.

BACA JUGA:Layaknya Pemilu, SMPN 1 Krui Gelar Pemilihan Ketua OSIS

Salah satunya, kata dia, dengan membersihkan saluran drainase pembuangan air dari pemukiman warga tersebut. 

Dengan begitu saat terjadi hujan lebat, mudah-mudahan pembuangan air dapat berjalan lancar dan tidak lagi menyebabkan genangan air. Pihaknya juga meminta kepada masyarakat agar dapat bersama-sama menjaga kondisi lingkungan di kawasan pemukimannya masing-masing.

“Kita juga mengimbau masyarakat untuk terus menjaga dan rutin untuk membersihkan lingkungannya, karena ini juga untuk kepentingan bersama,” jelasnya.

Dikatakannya, selain mencegah terjadi genangan banjir. Dengan rutin membersihkan lingkungan di kawasan pemukiman masing-masing itu untuk mencegah munculnya penyakit yang disebabkan karena lingkungan yang tidak bersih. 

BACA JUGA:BPBD Pesbar-Satker PJN Bersihkan Material Longsor

Untuk itu, dengan gotong royong bersih-bersih lingkungan seperti membersihkan saluran drainase dan lainnya itu dapat terus dilakukan rutin.

“Kita mengucapkan terimakasih kepada masyarakat yang telah ikut serta dan berperan aktif dalam menjaga kebersihan lingkungan. Karena itu merupakan salah satu bentuk dukungan masyarakat dalam memajukan dan membangun Pekon,” pungkasnya.(yan/d1n/mlo)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: