BPBD Pesbar-Satker PJN Bersihkan Material Longsor

BPBD Pesbar-Satker PJN Bersihkan Material Longsor

--

PESBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID — Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar) bersama Satuan Kerja (Satker) Pelaksana Jalan Nasional (PJN) Provinsi Lampung membersihkan material tanah longsor yang  menutupi badan jalan di ruas jalan lintas barat (jalinbar) tepatnya di kawasan hutan Taman Nasional Bukit Barisan Selatan (TNBBS) Pekon Pemerihan Kecamatan Bangkunat, Minggu (30/10).

Kepala BPBD Pesbar, Mirza Sahri, mengatakan, pasca terjadi tanah longsor yang sempat menutupi badan jalan di ruas jalinbar di Pekon Pemerihan Kamis (27/10) lalu, itu masih menyisakan material tanah longsor yang mengancam ruas jalan tersebut.

Sehingga, dikhawatirkan jika tidak dilakukan pembersihan, maka tidak menutup kemungkinan material tanah longsor itu akan kembali menutupi badan jalan.

“Karena itu, BPBD Pesbar bersama Satker PJN melakukan pembersihan sisa material tanah longsor, dan juga perapihan tumpukan tanah longsor di pinggiran ruas jalinbar tersebut,” katanya.

BACA JUGA:Ketua PERWOSI Lampung Buka Lomba Senam Kreasi dan Senam Lampung Berjaya

Dikatakannya, bukan hanya melakukan pembersihan material tanah longsor itu saja, tapi BPBD Pesbar juga sekaligus memantau kondisi ruas jalan di wilayah itu.

Karena di sepanjang lokasi ruas jalinbar yang melintasi kawasan hutan TNBBS di Pekon Pemerihan itu sangat rentan terjadi tanah longsor dan pohon tumbang.

“Kami dari BPBD Pesbar juga tetap akan berupaya untuk memaksimalkan pemantauan dan juga tetap akan menyiagakan petugas. Sehingga, jika terjadi tanah longsor maupun pohon tumbang bisa segera dilakukan penanganan,” jelasnya.

Dijelaskannya, hingga kini untuk di wilayah Kecamatan Ngaras hingga Bangkunat itu juga sudah ada beberapa petugas satuan pelaksana (Satlak) BPBD setempat yang terus memantau dan siap siaga jika terjadi bencana alam.

BACA JUGA:Arinal Lepas Jalan Sehat Dalam Rangka HUT Brimob Polri Ke-77

Begitu juga jika terjadi pohon tumbang maupun tanah longsor di ruas jalinbar, mereka (Satlak-Red) akan cepat tanggap untuk melakukan penanganan.

“BPBD Pesbar juga tetap mengimbau masyarakat di Kabupaten Pesbar ini untuk tetap waspada dan tanggap jika terjadi bencana alam, mengingat kondisi curah hujan saat ini masih cukup tinggi,” pungkasnya.

Diberitakan sebelumnya, arus lalulintas di ruas jalan lintas barat (Jalinbar) Krui-Tanggamus tepatnya di kawasan hutan Taman Nasional Bukit Barisan Selatan (TNBBS) Pekon Pemerihan Kecamatan Bangkunat, Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar) sekitar pukul 11.00 WIB, kembali berjalan lancar setelah sempat tertutup pohon tumbang dan tanah longsor, sekitar pukul 09.00 WIB, Kamis (27/10).

BACA JUGA:Pemuda Pancasila Colour Run, Gubernur Ajak Budayakan Hidup Sehat dan Jauhi Narkoba

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: