Layaknya Pemilu, SMPN 1 Krui Gelar Pemilihan Ketua OSIS

Layaknya Pemilu, SMPN 1 Krui Gelar Pemilihan Ketua OSIS

--

PESBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 1 Krui, Kecamatan Pesisir Tengah, Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar) menggelar pemilihan Ketua Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) Periode 2022/2023, yang dipusatkan di halaman sekolah setempat, Sabtu (29/10).

Sebanyak 689 pemilih baik siswa maupun guru sekolah yang menyalurkan hak suara dalam pemilihan ketua OSIS yang diikuti oleh tiga kandidat yakni calon nomor urut satu Kalingga Mahadewi Suswanto, calon nomor urut dua Chandra Aru Pratama, dan calon nomor urut tiga Chelsea Syafira.

Kepala SMPN 1 Krui, Yusep Efendi, S.Pd., melalui Waka Humas Nani Suryani, S.Pd., mengatakan, pemilihan ketua OSIS di SMPN 1 Krui itu dilaksanakan secara demokrasi layaknya pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu). 

Mulai dari tahap penjaringan bakal calon, penetapan calon, penyampaian visi misi calon, hingga pelaksanaan pemungutan dan penghitungan suara. Selain itu dalam pemilihan ketua OSIS itu juga dilaksanakan secara langsung, umum, bebas dan rahasia.

BACA JUGA:BPBD Pesbar-Satker PJN Bersihkan Material Longsor

“Bahkan, dalam pemungutan suara juga dilaksanakan dengan menggunakan kertas suara, bilik suara dan kotak suara,” katanya.

Dijelaskannya, dengan sistem pemungutan suara secara langsung, layaknya Pemilu, hal itu sebagai pembelajaran maupun pengetahuan terhadap siswa dalam berdemokrasi, maupun berorganisasi. 

Dengan begitu kedepan mampu mewujudkan kemajuan dan juga pengembangan siswa itu sendiri. Pemilihan ketua OSIS yang dilaksanakan ini juga untuk mengedukasi peserta didik dalam belajar berorganisasi.

“Untuk itu, diharapkan siswa juga dapat memetik pembelajaran dalam pemilihan ketua OSIS. Karena kegiatan seperti ini juga sebagai upaya untuk membentuk karakter siswa,” jelasnya.

BACA JUGA:Ketua PERWOSI Lampung Buka Lomba Senam Kreasi dan Senam Lampung Berjaya

Masih kata dia, dalam pelaksanaan pemilihan ketua OSIS mulai dari tahapan hingga pemungutan dan penghitungan suara ini berlangsung kondusif. 

Dengan telah terpilihnya ketua OSIS yang baru itu diharapkan kepada seluruh siswa dapat mendukung semua program maupun visi misinya nanti.  Mengingat, OSIS merupakan wadah bagi peserta didik untuk mengembangkan bakat dan minat peserta didik.

“Kita berharap melalui berbagai kegiatan di OSIS ini nantinya akan mampu memberikan ruang dalam meningkatkan kemampuan siswa dari berbagai bidang. Karena itu, ketua OSIS terpilih kedepan juga diharapkan bisa lebih aktif melaksanakan berbagai kegiatan OSIS tersebut,” pungkasnya.

Diketahui, dari hasil pelaksanaan pemilihan ketua OSIS SMPN 1 Krui yang diikuti oleh tiga kandidat itu dengan perolehan suara yakni calon nomor urut satu Kalingga Mahadewi Suswanto memperoleh 87 suara, calon nomor urut dua Chandra Aru Pratama memperoleh 428 suara, dan calon nomor urut tiga Chelsea Syafira memperoleh 170 suara, sedangkan suara tidak sah terdapat empat suara. (yan/d1n/mlo)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: