Marak Curanmor, Anggota DPRD Way Kanan Dukung Siskamling Diaktifkan Kembali

Marak Curanmor, Anggota DPRD Way Kanan Dukung Siskamling Diaktifkan Kembali

Yulius Arifin Jaya, Anggota DPRD Way Kanan dari Partai Kebangkitan Bangsa--

WAY KANAN, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Warga Kampung Bima Sakti, Kecamatan Negeri Besar, Kabupaten Way Kanan, akhir-akhir ini dibuat resah oleh maraknya aksi pencurian sepeda motor di malam hari.

Hal itu diungkapkan Kepala Kampung setempat M Hadi Qomarul pada Rabu, 5 Oktober 2022.

“Memang ini hukum alam, dikala masih paceklik, mencari penghidupan secara normal susah, maka tindak kejahatan biasanya akan muncul, dan dengan segala kerendahan hati kami atas nama masyarakat mengharapkan pihak kepolisian bisa menangkap para pelaku,” ungkapnya.

Masih menurut Qomarul bahwa ia menduga, pencurian sepeda motor di malam hari di kampungnya itu bukan pencurian biasa, namun terstruktur dan berjaringan, karena selain aksinya cepat dan tepat juga menghilangnya pun cepat sekali sehingga tidak terdeteksi oleh warga yang melakukan pengejaran.

BACA JUGA:Bersama Sejumlah Pejabat dan Satu Pleton Samapta, Kapolres Lambar Sambangi Kodim

"Kalau bisa polisi tolong ungkap jaringan pencurian motor ini karena Akan meresahkan Masyarakat ini kejadian pertama dan jangan sampai ada kejadian lagi," Harap Qomarul.

M. Hadi Qomarul menambahkan, aksi pencurian sepeda motor terbaru di wilayahnya itu terjadi Senin (3/10/2022) sekitar pukul 00.00 WIB.

Kapolsek Negeri Besar Iptu Septri Hariyanto dihubungi melalui pesan Whatsapp Membenarkan Bahwa ada pelaporan kehilang yang sudah masuk di Polsek Negeri Besar dari warga masyarakat Kampung Bima Sakti pada Senin Tanggal 3 Oktober 2022 sekitar pukul 10.00 WIB, dimana pihaknya masih terus melakukan pengungkapan atas kasus tersebut. 

"Iya Mas kemarin Ada laporan yang sudah masuk dari Warga masyarakat Kampung Bima Sakti dan Laporan tersebut akan sedang kita tindak lanjuti," tutur Septri.

BACA JUGA:Penggunaan KKP untuk Belanja Pemerintah yang Akuntabel

Dengan kejadian ini, lanjut Septri, pihaknya berharap agar Masyarakat di wilayah Hukum Polsek Negeri Besar agar kiranya Selalu memastikan keadaan rumah dimalam hari dan atau ketika mau bepergian agar Rumah selalu dikunci.

“Selain itu, kita hidupkan kembali ronda malam, atau siskamling, dan semua masyarakat harus bersama sama mensukseskannya,“ tegas Kapolsek.

Permintaan Pengaktifan kembali Siskamling di Kampung Kampung oleh Kapolsek Negeri Besar tersebut didukung sepenuhnya oleh Yulius Arifin Jaya Anggota DPRD Way Kanan dari Partai Kebangkitan Bangsa, dan bahkan menurut Yulius mesti dilakukan di semua Kecamatan yang ada di Way Kanan, karena fungsi Siskamling itu sangat besar bagi masyarakat. 

“Kegiatan Ronda malam atau Siskamling itu dari masyarakat untuk masyarakat, kalau waktu saya bujang dulu bagi warga yang sibuk dan belum bisa ikut ia membantu yang ronda dengan berkirim makanan sejumlah peronda malam itu, sehingga peronda tetap semangat dan peraturan itu tanpa reserve, untuk diikuti oleh semua elemen masyarakat dari yang tokoh masyarakat hingga tokoh tukang kusi (Petani red) ujar Yulius, dan Kampung jadi aman,” imbuhnya.(sah/mlo)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: