Tim Kecamatan Balikbukit Mulai Monitoring Penyerapan APBP 

Tim Kecamatan Balikbukit Mulai Monitoring Penyerapan APBP 

Medialampung.co.id - Kegiatan monitoring dan evaluasi (Monev) Anggaran Pendapatan Belanja Pekon (APBP) oleh tim Kecamatan Balikbukit, Kabupaten Lampung Barat mulai digelar seperti di Pekon Gunugsugih dan Pekon Wayempulau Ulu, Senin (1/11). 

Kegiatan yang digelar dalam rangka memantau dan mengevaluasi capaian kegiatan fisik dan administrasi itu akan dilaksanakan di 10 pekon dan dijadwalkan selesai pada Jum’at (5/11) mendatang. 

Dalam kesempatan itu, Camat Balikbukit Edi Jaya Saputra menuturkan kegiatan monitoring dan evaluasi merupakan agenda rutin yang dilaksanakan untuk memantau realisasi penyerapan dana desa (DD) maupun alokasi dana pekon (ADP) tahap II atau sebesar 40%.

”Disamping itu, kegiatan monev ini untuk memastikan program kegiatan berjalan lancar tanpa ada kendala karena perencanaan, pelaksanaan hingga proses pelaporan harus seimbang,” terangnya. 

Lebih lanjut ia mengatakan bahwa dalam penyerapan DD, fungsi pemerintah kecamatan selaku tim fasilitator berkewajiban melakukan monitoring dan evaluasi sebagai bentuk pendampingan program dapat terlaksana dengan baik secara administratif maupun fisik di lapangan.

“Dalam kegiatan ini kita turut menghimbau kepada seluruh perangkat pekon agar memaksimalkan program kegiatan yang telah tertuang dalam APBP dan harus sesuai dengan perencanaan,” harapnya. 

Menurutnya, kegiatan ini menjadi sarana atau wadah bagi aparatur pemerintahan pekon untuk menjalin koordinasi atau membahas hal-hal yang menjadi kendala dalam pelaksanaan di lapangan. 

“Monev kita awali dengan pertemuan di balai pekon dengan seluruh jajaran aparatur pekon, disini kita adakan pembahasan seputar pelaksanaan program kegiatan dan pelaporan administrasi. Setelah itu kegiatan dilanjutkan dengan pemantauan program fisik dilapangan,” tandasnya. (edi/mlo)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: