Kevin Lilliana: Tak Perlu Jadi Negarawan Untuk Menerapkan Nilai Pancasila

Rabu 31-07-2024,21:22 WIB
Reporter : Budi Setiawan
Editor : Budi Setiawan

JAKARTA, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Menerapkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari sebenarnya sangat mudah dan sederhana. 

Hal ini diungkapkan oleh Kevin Lilliana Junaedy, seorang model dan ratu kecantikan yang menjadi salah satu finalis Puteri Indonesia 2017. 

Kevin menyoroti bahwa pembacaan nilai-nilai Pancasila di sekolah atau lembaga pendidikan seringkali hanya dianggap sebagai formalitas belaka. 

Menurutnya, nilai-nilai Pancasila sebenarnya sangat mudah untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

BACA JUGA:Kepala Disdikbud Lampung Utara Tinjau Atap Bangunan Ambruk SMP PGRI 2 Kotabumi

"Anak-anak sekarang seringkali membaca nilai-nilai Pancasila hanya sebagai formalitas tanpa benar-benar memahami apa yang bisa diaplikasikan dari nilai-nilai tersebut dalam kehidupan kita sehari-hari," ujar Kevin saat diwawancarai oleh Disway pada Rabu, 31 Juli 2024.

"Padahal, semua nilai itu sangat applicable dan bisa diterapkan dalam kegiatan sehari-hari," tambahnya.

Kevin menekankan bahwa tidak perlu menjadi seorang negarawan atau tokoh terkemuka untuk mengaplikasikan nilai-nilai Pancasila. 

Banyak anak muda yang sebenarnya sudah menerapkan nilai-nilai tersebut dalam kehidupan sehari-hari tanpa menyadarinya. 

BACA JUGA:Badan Anggaran DPRD Lampung Beri Rekomendasi Khusus ke Beberapa OPD

"Kadang orang berpikir bahwa untuk menerapkan nilai Pancasila, kita harus menjadi seorang negarawan atau tokoh penting. Padahal, nilai-nilai tersebut bisa dilaksanakan dalam kehidupan sehari-hari," jelasnya.

Sebagai contoh, nilai ketuhanan yang maha esa dapat diterapkan dengan menjalankan perintah agama masing-masing.

"Seperti dalam agama Islam, kita sholat lima waktu atau dalam agama Nasrani, kita pergi ke gereja. Itu sudah merupakan penerapan nilai Pancasila," tambah Kevin.

Kevin mengajak anak-anak muda untuk lebih memahami arti dari nilai-nilai Pancasila sehingga dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari dengan cara yang sederhana. 

BACA JUGA:Terlibat Love Scamming, 10 WNA Asal Nigeria Diamankan Imigrasi Kalianda

Kategori :