Masuki Musim Penghujan, Sejumlah Wilayah di Lampung Barat Dilanda Longsor dan Pohon Tumbang

Rabu 29-11-2023,16:59 WIB
Reporter : Edi Prasetya
Editor : Budi Setiawan

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID – Wilayah Kabupaten Lampung Barat kini mulai memasuki musim penghujan, kondisi cuaca saat ini mulai memicu terjadinya bencana longsor yang terjadi di sejumlah wilayah seperti di jalan utama menuju Pekon Luas, Kecamatan Batu Ketulis, Kabupaten Lampung Barat Selasa malam (28 November 2023) sekitar pukul 21:00 WIB.

Meski material longsor tidak terlalu besar, namun bencana itu sempat mengganggu lalu lintas kendaraan hingga sepeda motor pun tidak dapat melintas. Untuk menanggulangi bencana itu, sejumlah satgas bencana pekon dikerahkan.

Peratin Luas Mat Riadi melalui Juru Tulis setempat Lekat mengatakan, longsor itu terjadi setelah wilayah itu dilanda hujan deras sejak sore hingga malam hari. Beruntung saat kejadian tidak ada pengendara yang melintas.

“Ya sempat mengganggu kelancaran lalu lintas, tapi hanya sebentar setelah tim satgas PB pekon kami kerahkan untuk membersihkan material longsor, kejadian sekitar pukul 21:00 WIB atau tidak lama setelah hujan mereda,” kata Mat Riadi.

BACA JUGA:Akibat Curah Hujan Tinggi, Kebun Raya Liwa Longsor

Atas kejadian itu pihaknya mengimbau masyarakat agar dapat waspada terutama saat berkendara dan melintas di wilayah perbukitan.

“Ada beberapa titik jalan utama menuju pekon luas yang berada di bawah tebing, jadi kami minta agar masyarakat waspada terutama saat melintas saat cuaca sedang hujan,” pesannya.

Sementara, diketahui selain di wilayah itu, beberapa waktu sebelumnya hujan deras juga sempat mengakibatkan longsor dan pohon tumbang juga terjadi di ruas jalan nasional di pekon Kenali, Kecamatan Belalau, namun kondisinya tidak sampai mengganggu lalu lintas.

Di lokasi lain, sebelumnya hujan deras juga mengakibatkan satu tiang listrik roboh di pemangku Selipas, Pekon Sukabumi, Kecamatan Batu Brak pada Senin sore (27 November 2023) yang membuat lalu lintas lumpuh total serta mengakibatkan pemadaman listrik di wilayah Suoh dan Bandar Negeri Suoh (BNS).

BACA JUGA:RSUD Alimuddin Umar Masih Kerap Kekurangan Stok Darah

Menanggapi tingginya intensitas hujan yang tengah melanda wilayah lambar saat ini, sebelumnya Kepala Pelaksana BPBD Lambar Padang Priyo Utomo melalui Kabid Kesiapsiagaan dan Logistik Mekal Novisa mengimbau agar masyarakat selalu waspada dan berhati-hati saat berkendara.

“Kami imbau warga waspada, karena curah hujan akan terus meningkat. Tim BPBD melalui Pusdalops sendiri kami pastikan selalu siap baik antisipasi maupun penggunaan,” kata dia.

Disisi lain, terkait langkah kesiapsiagaan sebelumnya pihaknya telah Berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait terutama pemerintah kecamatan dan pekon untuk memastikan kesiapan dari Satuan Tugas (Satgas) Penanggulangan Bencana (PB) pekon yang telah dibentuk.

“Satgas bencana pekon juga sudah kami koordinasikan selain supaya siap, mereka kami minta untuk meningkatkan koordinasi dengan melaporkan setiap kondisi di masing-masing wilayah, supaya apabila ada potensi atau bencana bisa segera ditangani,” kata dia.*

Kategori :