RSUD Alimuddin Umar Masih Kerap Kekurangan Stok Darah

RSUD Alimuddin Umar Masih Kerap Kekurangan Stok Darah

--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Alimuddin Umar Kabupaten Lampung Barat, melakukan bhakti sosial (Baksos) donor darah, usai pelaksanaan peringatan hari ulang tahun Korps Pegawai Negeri (KORPRI), Hari Guru Nasional (HGN) dan Hari Kesehatan Nasional (HKN), di Aula Kagungan Setdakab Lampung Barat Rabu (29 November 2023).

Hingga menjelang berakhirnya bakti sosial donor darah, sebanyak 20-an kantong darah berhasil dikumpulkan dari para pendonor, dengan golongan darah yang berbeda.

Direktur RSUD Alimuddin Umar dr. Iman Hendarman, M.Kes, Sp.A., mengungkapkan, kegiatan donor darah seperti itu rutin dilakukan pihaknya, dalam rangka memenuhi kebutuhan darah untuk pasien yang ditangani di rumah sakit yang dipimpinnya tersebut.

Menurut Iman---sapaan Iman Hendarman, kebutuhan darah setiap bulannya berkisar 150 hingga 200 kantong. 

BACA JUGA:Pasien Melahirkan Harus Dipapah di Jalan Milik Pemkab Lambar yang Licin dan Berlumpur

Sehingga menggelar bakti sosial dengan memanfaatkan momen-momen yang ada, menjadi peluang bagi pihaknya untuk tetap bisa menjaga ketersediaan darah untuk pasien di rumah sakit plat tersebut.

"Setiap bulannya itu sekitar 150 hingga 200 kantong darah, ketersediaan stok darah yang kami miliki masih sering mengalami kekurangan. Sehingga aksi donor darah seperti yang dilaksanakan ini sangat membantu," ujarnya.

Namun, kata dia, ketika ketersediaan darah di rumah sakit setempat benar-benar kosong, maka alternatifnya adalah meminta bantuan kepada keluarga pasien untuk mendonorkan atau mencari pendonor.

"Selain mendapatkan donor darah dari kegiatan seperti ini kami biasanya mendapatkan stok dari pendonor yang datang ke rumah sakit, atau keluarga pasien, alhamdulillah sejauh ini untuk transfusi darah masih tidak ada kendala, karena masih ada solusi lain selain mengandalkan stok darah yang ada," pungkasnya.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: