Musim Hujan Disertai Petir, BPBD Pesbar Imbau Warga Tetap Waspada

Jumat 28-04-2023,19:06 WIB
Reporter : Yayan Prantoso
Editor : Budi Setiyawan

PESBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Badan Penanggulangan Bencana (BPBD) Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar) mengimbau masyarakat untuk tetap waspada dengan kondisi hujan disertai petir yang masih terjadi sejak beberapa hari terakhir di Kabupaten setempat. 

Pasalnya, kondisi hujan disertai petir itu dikhawatirkan rentan berdampak terhadap warga.

Kepala BPBD Pesbar, Mirza Sahri, mengatakan, sejak beberapa hari terakhir di wilayah Pesbar masih rentan terjadi hujan disertai petir. 

BACA JUGA:Rel Kereta Api Amblas, Kereta Tujuan Tanjung Karang-Baturaja Batal Berangkat

Sehingga kondisi itu harus benar-benar menjadi perhatian masyarakat, karena dikhawatirkan saat terjadi hujan disertai petir itu berdampak kepada masyarakat seperti yang terjadi pada Kamis (27/4) kemarin, sekitar pukul 18.30 WIB, rumah salah satu warga yang ada di Pekon Way Suluh Kecamatan Krui Selatan, tersambar petir saat terjadi hujan disertai petir di wilayah tersebut.

“Berdasarkan informasi saat terjadi hujan disertai petir di wilayah Pekon Way Suluh itu, secara tiba-tiba petir menyambar Kwh Listrik PLN di salah satu rumah warga,” katanya, Jumat (28/4).

Dijelaskannya, rumah warga yang tersambar petir itu diketahui milik Asri, yang berada di Pemangku IV Pekon Way Suluh. 

BACA JUGA:Truk dan Kendaraan Muatan Diarahkan Menyeberang Lewat Pelabuhan Panjang

Beruntung, dalam musibah tersebut tidak ada korban jiwa, namun istri dari Asri tersebut yakni Suhamah sempat mengalami shock dan saat ini juga masih dirawat di Puskesmas Krui Kecamatan Pesisir Tengah.

“Kami dari BPBD Pesbar saat ini juga masih meninjau korban yang masih dirawat di Puskesmas Krui tersebut, karena memang kondisinya masih shock dan mungkin korban juga sempat terkena dampak akibat sambaran petir tersebut,” jelasnya.

Sementara itu, Peratin Way Suluh, Alkhodri, mengatakan bahwa saat ini salah satu warga yang rumahnya tersambar petir itu masih menjalani perawatan di Puskesmas Krui, karena memang saat kejadian warga tersebut shock dan juga sempat tersengat listrik. 

BACA JUGA:Gubernur Arinal Hadiri Lepas Sambut Danrem 043/Gatam

Terlebih sambaran petir yang mengenai Kwh listrik PLN itu selain menghanguskan Kwh listrik juga sempat menghantam dinding papan rumah warga tersebut.

“Mudah-mudahan kondisi warga tersebut segera membaik, dan akibat kejadian itu bukan hanya Kwh listrik PLN di rumah warga itu saja yang tersambar, tapi ada beberapa Kwh listrik lainnya yang ikut tersambar dan rusak, termasuk Kwh listrik masjid,” pungkasnya.*

Kategori :